Wacana Kenaikan Tarif Parkir di Pekanbaru, Ini Kata Pengamat

- Jumat, 3 Desember 2021 | 16:37 WIB
Karcis jasa layanan parkir  |  Istimewa
Karcis jasa layanan parkir | Istimewa

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru akan mengkaji wacana kenaikan tarif parkir tepi jalan umum.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Riau, Saiman Pakpahan, mengkritik keras rencana tersebut.

Dia menyebut, untuk memberikan pelayanan yang baik saja pemerintah kota tak jelas tapi malah mengkaji berapa besar yang harus dikeluarkan oleh masyarakat sebagai pengguna jalur parkir.

"Kaji saja apa yang sudah diberikan Dishub Pekanbaru kepada masyarakat bukan kepada kenaikan tarif parkirnya. Retribusi itu harus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sekarang ini sudah ada belum kajian seberapa prima pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sebagai pengguna jalur parkir. Itu sajalah yang dikaji jangan malah mencari kajian tentang berapa yang harus dikeluarkan masyarakat dan berapa yang mereka dapat," cetus Saiman, Kamis (2/12/2021).

Baca Juga: Michael Carrick Mundur dan Tolak Jadi Assisten Ralf Rangnick, Carrick: Waktu Saya Sudah Habis di MU

Menurut Saiman, jika Dishub Pekanbaru hanya mengkomparasi Kota Pekanbaru dengan wilayah lain yang urbannya sudah tertata baik lalu hanya melihat dari variabel itu, jelas tidak akan ketemu.

"Daerah lain urbannya sudah tertata dengan perangkat yang sudah siap semua tidak seperti Kota Pekanbaru ini. Jangankan pelayanan, contoh kecil saja untuk memastikan dua ritel Alfamart dan Indomaret apakah ada parkir atau tidak masih bersiliweran tak jelas. Ngurusin yang begitu-begitu saja tak selesai membuat nyaman masyarakat Kota Pekanbaru. Harusnya yang dikaji itu masyarakat butuh apa dari parkir, itu yang dilakukan," tegas Saiman.

Kalau masyarakat sudah nyaman dengan keadaan itu, baru tarif parkirnya dinaikkan perlahan, kalau dengan keadaan seperti ini bagaimana tarif parkir mau dinaikkan.

Baca Juga: PKPRM Mangrove di Riau Menyerap 5.362 Orang Tenaga Kerja

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: riaumandiri.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X