Dugaan Pelecehan Seksual Terhadap Mahasiswi Bimbingan Skripsi, Berkas Dekan FISIP UNRI Telah Tahap I

- Selasa, 30 November 2021 | 17:23 WIB
Dekan FISIP Unri, Syafri Harto (Facebook Syafri Harto)
Dekan FISIP Unri, Syafri Harto (Facebook Syafri Harto)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kepolisian Daerah Riau telah melimpahkan berkas perkara dugaan pelecehan seksual terhadap seorang mahasiswi Universitas Riau ke Jaksa Penuntut Umum. Selanjutnya, penyidik menunggu hasil penelaahan berkas yang dilakukan pihak Kejaksaan.

Adapun tersangka dalam perkara ini adalah SH. Dia adalah Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unri. SH menyandang status tersangka atas laporan mahasiswinya berinisial L.

"Terkait penyidikan kasus dugaan pencabulan, bahwa minggu kemarin tepatnya hari Kamis, penyidik telah mengirim berkas perkara ke Kejaksaan," ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, Selasa (30/11).

Atas tahap I itu, Jaksa kata Sunarto akan menelaah berkas untuk memastikan kelengkapan syarat formil dan materil perkara. "Jadi mungkin saat ini (berkas) sedang dalam penelitian jaksa. Kita tunggu 14 hari, apakah berkas dinyatakan sudah lengkap atau ada yang perlu dilengkapi lagi, kita tunggu dari jaksa," sebut Sunarto.

Lanjut dia, selama kasus bergulir, penyidik telah memeriksa sekitar 20 orang saksi. Termasuk di antaranya saksi ahli bahasa, saksi ahli pidana, dan saksi ahli psikologi.

Baca Juga: Kritik Penanganan Kasus Pelecehan Seksual, Poster Wajah Syafri Harto Penuhi Sejumlah Tempat di Pekanbaru

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) dan Humas Kejati Riau, Marvelous, membenarkan jika pihaknya telah menerima pelimpahan berkas perkara tersangka SH.

"Berkas perkara atas nama tersangka SH (Syafri Harto, red) diterima tanggal 29 November 2021," kata Jaksa yang akrab disapa Marvel itu.

Disebutkan Marvel, adapun pasal sangkaan dalam kasus ini, yaitu pasal 289 KUHP atau Pasal 294 ayat (2) ke-2 KUHP.

"Saat ini (berkas perkara) masih dalam penelitian tim JPU (Jaksa Penuntut Umum, red)," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X