Rektorat UNRI Bentuk Tim Satgas Antisipasi Terjadinya Pelecehan Seksual di Kampus

- Kamis, 25 November 2021 | 17:11 WIB
Universitas Riau (Istimewa)
Universitas Riau (Istimewa)



HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Saat ini Universitas Riau dilanda isu tak mengenakkan terkait adanya dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oknum dosen terhadap seorang mahasiswinya. Agar peristiwa serupa tak terjadi lagi, pihak rektorat akan membentuk tim satuan tugas khusus.

Dikatakan Rioni Imron, pimpinan di Rektorat UNRI sangat prihatin atas peristiwa yang menjerat Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) berinisial SH itu. Untuk itu, telah diambil sejumlah kebijakan untuk menanggapi persoalan ini.

"Terlapor, dan pelapor adalah civitas akademika," ujar Kasubbag Humas UNRI itu, Kamis (25/11).

"Pimpinan kita sangat responsif menanggapi kasus ini. Salah satunya adalah kita telah membentuk TPF (Tim Pencari Fakta,red), tim investigasi. Kemudian ada pendampingan korban," sambung dia.

Baca Juga: Daftar 11 Tim Lolos 16 Besar Liga Champion, Barcelona Terancam

Menurut Rioni, kebijakan itu sangat penting dilakukan sebagai jaminan dari pihak kampus untuk melindungi atau mengawasi kasus ini.

Selain itu, pihak rektorat juga akan membentuk sebuah tim satgas untuk mengantisipasi terjadinya kasus serupa. Dikatakan dia, adanya tim satgas itu sesuai dengan amanat dari Permendibudristek Nomor 30 tahun 2021 tentang  Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Lingkungan Perguruan Tinggi.

"Unsur yang terkandung di dalamnya (tim satgas,red) adalah 50 persen mahasiswa. Ini penting sekali dan ini telah berjalan," sebut Rioni.

"Bahkan sejak isu pertama muncul, Rektor telah mengundang beberapa unsur untuk membahas pembentukan tim satgas ini. Untuk diketahui, bahwa ini bukan hasil ketetapan Rektor semata, tapi telah dikoordinasikan dengan pihak kementerian," lanjut dia menegaskan.

Baca Juga: Peringatan Hari Guru di Seberida Ziarahi Makam Tokoh Pendidikan

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PDAM Tirta Siak Diminta Segera Perbaiki Pipa Bocor

Rabu, 1 Desember 2021 | 18:25 WIB
X