Rencana Bupati Inhu Tanam Pohon Sepanjang 165 Kilometer di Peranap

- Sabtu, 20 November 2021 | 16:31 WIB
Bupati Inhu Rezita Meylani menyusuri sungai Indragiri meninjau lokasi abrasi (Istimewa)
Bupati Inhu Rezita Meylani menyusuri sungai Indragiri meninjau lokasi abrasi (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, INHU - Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi berencana akan menanam pohon di sepanjang kawasan aliran sungai Indragiri di Kecamatan Peranap. Ini untuk mengantisipasi terjadinya abrasi yang terjadi di kawasan tersebut.

Hal ini disampaikan Rezita dalam kunjungan kerja meninjau daerah terdampak abrasi sungai Indragiri di Desa Baturijal Hulu Kecamatan Peranap dan Desa Selunak Kecamatan Batang Peranap, Sabtu (20/11).

Kata Rezita, abrasi yang terjadi di desa Baturijal Hulu telah dilakukan penanganan awal. Upaya yang dilakukan dengan menumpuk karung berisi pasir di sejumlah titik yang rawan abrasi.

“Mesti ada penanganan cepat terhadap situasi ini, sehingga tidak berdampak pada pemukiman warga,” kata Rezita.

Baca Juga: Kampung Dayun, Kabupaten Siak raih juara 1 Desa Wisata tingkat Provinsi Riau

Menyikapi kejadian ini, sambung Rezita, pemeritah akan membangun infrastruktur menahan abrasi termasuk berencana menanam pohon di sepanjang kawasan aliran sungai Indragiri sepanjang 165 kilometer.

Gerakan penanaman pohon ini akan dikoordinir melalui Dinas Lingkungan Hidup dan didukung oleh Lembaga Adat Melayu Kabupaten Inhu, agar segera dilakukan gerakan penanaman seribu pohon di bantaran sungai Indragiri.

Kunjungan Rezita juga turut didamping  didampingi Camat Peranap Ferisman Ahmadiyah, S.Sos Polsek Peranap Iptu Emir Maharto, Koramil 05 Peranap kapten Arhanud Adilman Sihombing.

Kepala Dinas lingkungan hidup Saipul, Ketua LAM Inhu Datuk Sri Marwan, BNPB Kabupaten Inhu dan sejumlah pejabat lainnya.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X