Rantau Langsat Inhu Desa Wisata Terbaik Ketiga di Riau

- Sabtu, 20 November 2021 | 12:13 WIB
Desa Wisata Rantau Langsat Inhu  (istimewa)
Desa Wisata Rantau Langsat Inhu (istimewa)


HALUANRIAU.CO, INHU - Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terpilih sebagai desa wisata terbaik ketiga di Provinsi Riau, setelah Kampung Dayun, Kabupaten Siak terbaik pertama dan desa wisata Meskom Kabupaten Bengkalis.

Desa Wisata Rantau Langsat di Kecamatan Batang Gansal, memiliki potensi wisata yang bisa diminati banyak wisatawan. Seperti wisata alam, adat istiadat dan budaya, serta wisata minat khusus lainnya seperti dihuni oleh suku Talang Mamak (suku asli) yang masih hidup secara tradisional. Keberadaan suku ini tergolong proto Melayu atau Melayu tua. Berada di hutan penyangga, kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT).

Selain itu, keunggulan desa Rantau Langsat menjadi desa wisata lantaran keindahan alam yang eksotis karena memiliki lima air terjun atau disebut Tembulun. Tembulun Pampunawan di Dusun Lemang, memiliki empat tingkat air terjun. Di lokasi ini, hijaunya rimbunan pohon menjadikan kanopi tirai langit-langit yang bisa memanjakan mata memandang.

Baca Juga: Baznas Bangun Kebun Nanas 10 Hektar di Inhu untuk Mustahik

Ada juga Tembulun Membayang yang memiliki tujuh tingkat air terjun. Kemudian, ada juga Tembulun Siamang di dusun Siamang. Air terjun atau Tembulun Bengayoan di Dusun Bengayawan.

Di objek wisata ini terdapat air terjun dua tingkat. Jika pagi hari, hembusan kabut datang menyelimuti. Asapnya bertiup ke arah permukaan air membuat lumut yang tumbuh di atas bebatuan basah.

Kemudian juga ada Air terjun Sultan Lembayang di Dusun Datai. Penamaan Sultan Lembayang diambil dari cerita sejarah pada zaman kerajaan dahulu yang menjadi salah satu sosok sultan kebanggaan masyarakat Datai.

Gubernur Riau, H Syamsuar memberikan penghargaan kepada pemenang lomba desa wisata tingkat provinsi Riau, Jumat (19/11/2021), di Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak.

Desa Wisata Rantau Langsat Inhu (Istimewa)

Baca Juga: Napi di Lapas Bagan Siapiapi Bebas Menggunakan Ponsel, Tapi Harus Bayar Bulanan Kepada Petugas Sipir

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alat Berat Diamankan, Polhut Sebut Ini

Jumat, 1 Juli 2022 | 17:05 WIB
X