Penghasilan Dimasa Covid, Warga Petaling Jaya Disuruh Rawat Tanaman Jahe

- Jumat, 19 November 2021 | 21:54 WIB
Bupati Inhu Rezita Meylani saat meninjau budidaya jehe di Desa Petaling Jaya (Zuhdi Anshari/HRC)
Bupati Inhu Rezita Meylani saat meninjau budidaya jehe di Desa Petaling Jaya (Zuhdi Anshari/HRC)

HALUANRIAU.CO, INDRAGIRI HULU - Guna meningkatkan penghasilan rumah tangga dimasa pandemi Covid. Pemerintah Desa Petaling Jaya (DK2) Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) memanfaatkan lahan pekarangan rumah warga dengan menyuruh warga merawat tanaman jahe.

Budidaya jahe digerakkan Pemdes Petaling Jaya, melihat potensi yang sebelumnya dilakukan warga dan dapat menghasilan uang untuk kebutuhan rumah tangga.

Menyikapi hal ini, Bupati Inhu Rezita Meylani menyerahkan sedikitnya 15.000 bibit jahe untuk dirawat oleh seluruh warga di Desa Petaling Jaya. Penyerahan bibit jahe oleh Bupati Rezita, Jum'at (19/11).

Pj. Kepala Desa Petaling Jaya, Ngali kepada Haluan Riaumenjelaskan, setiap satu kepala keluarga akan diberi 30 polybeg. Warga hanya disuruh merawat saja. Kemudian nanti hasil panennya akan dibeli oleh BUMDes Petaling Jaya. Hasil penjualannya dibagi dua antara BUMDes dengan warga yang merawat tanaman tersebut.

"Harga pasaran jahe saat ini perkilogram Rp36.000,- BUMDes siap menjadi penampung. Hasil penjualan akan dibagi dua dengan warga. Hasil yang diterima BUMDes dananya untuk bantuan bibit lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat Petaling Jaya. Intinya bantuan ini secara bergulir," jelas Ngali.

Baca Juga: Sempat Tunda 4 Tahun Kolaborasi Dengan BNN, Para ASN Jadi Target Pemberantasan Narkotika dan Perlu Rehabilitas

Bupati Inhu Rezita hadir bersama beberapa pejabat diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Inhu, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Inhu, Camat Batang Cenaku yang diwakili Sekretaris Camat Batang Cenaku, Selamat, S.Sos, Pj. Kepala Desa Petaling Jaya, Ngali, Forkopimcam Batang Cenaku, TP PKK Kecamatan Batang Cenaku dan Desa Petaling Jaya serta tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu Rezita menyampaikan, penyerahan bibit jahe bertujuan untuk mengarahkan masyarakat agar menanam jahe karena jahe kekayaan tanaman palawija nilai tukar sangat fantastis.

"Selain nilai tukar jahe bernilai besar juga di akui obat tradisional yang di akui di seluruh masyarakat Indonesia, juga kegiatan tersebut sangat bersinergi dengan usaha yang terus digesa Pemkab. Inhu yakni pemberdayaan kekuatan ekonomi masyarakat," ungkap Bupati.

Saya mengapresiasi pemerintah Desa Petaling Jaya yang berinisiatif menyelenggarakan program padat karya tunai desa sebagai wujud komitmen dan sinergi pemerintah desa mendukung pemerintah dalam memberdayakan masyarakat yang diharapkan memberikan pengaruh pada produktifitas serta peningkatan taraf ekonomi masyarakat.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X