Laksanakan Bimbingan Teknis, Pemkab Kuansing Berharap Pemdes Mampu Kelola Dana Desa Dengan Benar

- Jumat, 19 November 2021 | 15:57 WIB
Saat arahan Plt Bupati Kuantan Singingi (Yendri/HRC)
Saat arahan Plt Bupati Kuantan Singingi (Yendri/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Dalam Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Dalam Rangka Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Kepala Desa, BPD dan Perangkat Desa Kuantan Singingi ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tahun 2021.

Bimbingan Teknis itu berlangsung pada Kamis 17 November hingga 20 November 2021 yang diikuti oleh 150 peserta dari 8 Kecamatan, yang mana dalam Bimtek tersebut selaku pihak penyelenggara dilaksanakan oleh Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (LPKSM).

Hadir sebagai narasumber, Pembina LPKSM Tenku Saiful Bahri Johan. yang juga merupakan Ivent Organizer (IO), Plt. Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby, BPK RI Aulia Rachmat, Kemendagri Hari Nurcahyamurni, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kuantan Singingi Hadiman, Inspektur Inspektorat (Perwakilan), Kasat Reskrim diwakili Kanit Tipikor, Plt Kadis Sosial PMD Nafisman.

Dalam arahannya, Plt Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby mengatakan bahwa dengan adanya bimtek ini hendaknya menambah kapasitas pemerintahan Desa dalam mengolah dana anggaran tersebut.

Baca Juga: 4,8 Juta Dosis Vaksin Moderna Tiba di Indonesia Hari Ini

"Hendaknya Bimtek ini menambah kapasitas Pemdes dalam mengelola Dana Desa tersebut, dan jangan adalagi kasus kasus yang timbul saat menggunakan dan pengelolan dana Desa yang tersandung dalam kasus hukum," ucap Suhardiman.

Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa di Pekanbaru (yendri/HRC)
Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kuantan Singingi Hadiman dalam arahannya menyampaikan bahwa setiap Kepala Desa agar dapat lebih bersinergi dan cermat dalam penggunaan Dana Desa sesuai dengan Permendes yang ada.

Hadiman menuturkan pihak Kejaksaan dengan Pemerintahan Desa sudah melakukan dan melaksanakan kesepahaman untuk selalu berkoordinasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) jika ada kekeliruan.

"Pihak Kejaksaan selalu melakukan pencegahan agar tidak terjadinya penyimpangan dalam penggunaan Dana Desa," kata Kajari.

Sementara itu, Napisman Plt. Kadis Sosial PMD Kabupaten Kuantan Singingi menjelaskan bahwa Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa ini sangatlah bermanfaat.

"Seraplah ilmu yang akan diberikan oleh para narasumber dan implementasikan dengan baik, jangan nanti sekembalinya dari Bimtek ini kita bisa memaafkan ilmu yang diserap, " ujar Nafisman.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X