Elemen Masyarakat Dilatih Partisipasi Pembangunan Kota Peranap

- Jumat, 19 November 2021 | 15:32 WIB
Pelatihan dan Pendampingan Kelembagaan Kelurahan Peranap (Istimewa/Zuhdi)
Pelatihan dan Pendampingan Kelembagaan Kelurahan Peranap (Istimewa/Zuhdi)


HALUANRIAU.CO, INHU - Guna mendukung pembangunan Kota Peranap perlu adanya partisipasi dan dukungan elemen masyarakat. Untuk menggerakkan hal tersebut, Pemerintah Kelurahan Peranap menggelar pelatihan pada lembaga dan organisasi kepemudaan setempat.

"Tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan kinerja dari kelembagaan baik dari pengurus LPM, BKM, RT/RW, PKK, Karang Taruna dan organisasi kepemudaan lainnya sebagai Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) yang merupakan mitra pemerintah. Di samping itu, pelatihan ini sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah atas pengabdian pengurus kelembagaan kelurahan membantu pemerintah dalam hal percepatan pembangunan berbasis masyarakat agar tepat sasaran, tepat guna dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Lurah Peranap Syapril, Jumat (19/11).

Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini digelar di Sekretariat Pemuda dan Olahraga Peranap, diikuti sedikitnya 50 orang peserta yang terdiri dari pengurus LPM, BKM, RT/RW dan PKK serta pengurus organisasi kepemudaan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggerakkan partisipasi masyarakat. Ini sebagai salah satu faktor keberhasilan pembangunan berbasis masyarakat di Kota Peranap.

Baca Juga: 4,8 Juta Dosis Vaksin Moderna Tiba di Indonesia Hari Ini

Para pengurus kelembagaan kelurahan dapat menjalankan tugasnya melaksanakan pemberdayaan masyarakat sesuai pedoman yang berlaku.

Kepengurusan ini dapat lebih transparan dan bertanggung jawab untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik melalui pembangunan fisik maupun non fisik.

”Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu akan terus memfasilitasi, membina dan melaksanakan pendampingan kegiatan pemberdayaan di kelurahan yang tidak lepas dari peran LPM dan BKM. Oleh karena itu, diharapkan peserta pelatihan dapat mempelajari dan mencermati apa yang disampaikan oleh narasumber sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. Penyelenggaraan LPM BKM harus didasarkan atas pedoman yang berlaku, jalinlah komunikasi dan koordinasi dengan seluruh masyarakat termasuk unsur pemerintah dari berbagai tingkatan,” terang Syapril.

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alat Berat Diamankan, Polhut Sebut Ini

Jumat, 1 Juli 2022 | 17:05 WIB
X