Tim DPKP Inhil Tangkap dan Evakuasi Buaya yang Resahkan Warga

- Kamis, 18 November 2021 | 11:47 WIB
Temuan buaya di Desa Sialang Panjang (Istimewa)
Temuan buaya di Desa Sialang Panjang (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, TEMBILAHAN - Mendapatkan informasi mengenai sering kemunculan Buaya dan meresahkan masyarakat di Desa Sialang Panjang, Tim TRC Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir bergerak cepat dan berhasil melakukan evakuasi buaya muara.

Pernyataan itu disampaikan langsung kepala Dinas Damkar Kabupaten Indragiri Hilir Drs H. Ediwan Shasby bahwa tim TRC Damkar telah berhasil mengamankan seekor buaya di Desa Sialang Panjang, Kecamatan Tembilahan Hulu.

Sebelum operasi dilakukan, terlebih pada hari Selasa (16/11) dilakukan briefing (arahan) yang dipimpin langsung Kadis Damkar untuk mengambil langkah-langkah penanganan evakuasi. Hal itu mengingat hewan buaya muara ini cukup besar.

Tepat pada hari Rabu (17/11) sekitar pukul 11.00 WIB, tim sudah berada di Desa Sialang Panjang yang terlebih dahulu apel persiapan dihadiri aparat desa dan babinkantibmas. Selanjutnya TRC Damkar bergerak menyusuri parit-parit di mana lokasi buaya berada.

"Tim TRC Damkar kita bergerak langsung mendapat informasi bahwa masyarakat resah terhadap sering kemunculan Buaya di muara sungai Sialang Panjang," pungkasnya.

Baca Juga: Jaksa Eksekusi Mantan Plt Kadis PUPR Pelalawan dan Bawahannya ke Rutan Pekanbaru

Lanjut dikatakannya, 2 Regu TRC  Damkar beranggotakan lebih kurang 25 orang didamping pengawas tim Emergency Medical Service (EMS) sebanyak 3 orang.

"Tim kita turun kurang lebih 28 anggota DPKP dan juga dibantu oleh Babinkamtibmas Sialang panjang, dan warga serta pemerintah desa," sebutnya Rabu (17/11/21).

Lebih lanjut ungkap Kadis Damkar, proses penangkapan buaya emakan waktu lebih kurang 8 jam dan beberapa kali mengalami kegagalan karena buaya yang ditangkap cukup besar. Tim terus melakukan pencarian sampai malam hari.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dumah Dinas Camat Kuala Indragiri Terbakar, Dini Hari

Jumat, 21 Januari 2022 | 10:32 WIB
X