Kejari Kampar Gelar Penerangan Hukum untuk Satpol PP Kampar

- Rabu, 17 November 2021 | 17:57 WIB
Kajari Kampar Arif Budiman memberikan penerangan hukum kepada Anggota Satpol PP Kampar. (Ari Amrizal/ HRC)
Kajari Kampar Arif Budiman memberikan penerangan hukum kepada Anggota Satpol PP Kampar. (Ari Amrizal/ HRC)

HALUANRIAU.CO, BANGKINANG - Kepala Kejaksaan Negeri Kampar bersama jajaran menggelar penerangan hukum untuk Satpol PP Kampar terkait penegakan peraturan daerah sesuai tupoksi dalam program pembinaan masyarakat taat hukum (Binmatkum) yang digelar di Aula Kantor Bupati Kampar, Rabu (17/11/2021).

Kasatpol PP Kampar dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dalam penegakan peraturan daerah pihaknya memiliki 15 Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang mempunyai kewenangan untuk ber acara, 3 diantaranya PPNS Undang-undang yang bertugas di Dishub Kampar, 12 lainnya merupakan PPNS penepatan peraturan daerah.

"Disamping itu, jumlah keseluruhan Satpol PP 387 orang, 39 diantaranya PNS temasuk saya, sedangkan 348 orang diantaranya hari ini masih disebut sebagai Tenaga Harian Lepas (THL), namun di Formasi APBD Tahun 2022, Pemerintah daerah sudah membuka peluang untuk mereka di migrasikan sebagai Tenaga Bantu Satpol PP dengan gaji bulanan, kalau sekarang masih harian," papar Nurbit.

Mantan Kadiskes Kampar ini mengakui terbatasnya personil, membuat instansi yang ia pimpin sulit untuk menegakkan Perda di Kabupaten Kampar yang luasnya mencapai 11.000 KM Persegi dengan jumlah penduduk lebih kurang 900 ribu jiwa.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Dunia Melambung, Pemerintah Jepang Pertimbangkan Subsidi Bensin Untuk Masyarakat

"Tentunya sangat kompleks persoalan-persoalan dalam Perda, kami yakin dan percaya belum semua anggota Satpol PP maupun PPNS yang secara maksimal memahami dan melakukan eksekusi tugas dilapangan dengan benar sesuai aturan yang berlaku, agar tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari," papar Satpol PP Kampar.

Untuk itu, Kasatpol PP Nurbit menyambut baik adanya penerangan hukum yang dilakukan Kejari Kampar, ia berharap kegiatan serupa akan lebih diintensifkan dimasa yang akan datang.

Sementara itu Kajari Kampar Arif Budiman mengungkapkan bahwa Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan ujung tombak penegakan Perda, untuk itu harus memiliki bekal dan pengetahuan hukum yang baik, sehingga  Anggota Satpol PP melaksanakan tugas sesuai aturan yang berlaku.

Mantan Kajari Almahera Tengah ini menambahkan, bahwa kegiatan penerangan hukum merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang sudah direncanakan dari pusat dalam rangka pelaksanaan tugas dan tupoksi Kejaksaan.

"Kegiatan ini adalah kegiatan rutin setiap tahun dari pusat dalam rangka pelaksanaan tugas dan tupoksi Kejaksaan dalam rangka mwningkatkan kesadaran hukum pada masyarakat," kata Arif.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari ini, 8.487 Masyarakat Kampar Ikuti Vaksinisasi

Kamis, 9 Desember 2021 | 22:18 WIB
X