Resah Akibat Kemunculan Buaya, Masyarakat Desa Sialang Panjang Minta Pemda Inhil Segera Tanggapi Laporan

- Selasa, 16 November 2021 | 16:54 WIB
Ilustrasi (dMz on Pixabay)
Ilustrasi (dMz on Pixabay)

HALUANRIAU.CO, TEMBILAHAN - Masyarakat di Desa Sialang Panjang, Kecamatan Tembilahan Hulu merasa resah dengan seringnya kemunculan buaya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Aparatur desa Sialang Panjang menyurati Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) untuk mendapatkan solusi penanganan buaya.

Di tengah-tengah kebingungan masyarakat mengenai hewan buas yang dilindungi oleh negara, demi menjaga konflik antar manusia dan hewan pemerintah Desa Sialang Panjang berharap solusi dari pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir.

"Kita sudah layangkan surat kepada Bupati Inhil, dan BPBD Kabupaten Indragiri Hilir untuk memberikan solusi, namun belum ada tanggapan, terhadap gangguan Buaya yang sering meresahkan masyarakat," ucap Kepala Desa Sialang Panjang H Yusuf, KN kepada awak media, Senin (15/11/21).

Dia juga mengatakan, masyarakat Desa Sialang panjang, notabenenya adalah petani yang sering menggunakan sungai untuk mengeluarkan hasil pertaniannya menggunakan Pompong (transportasi air).

Baca Juga: Wujudkan Kamtibmas yang Kondusif, Kapolsek Tembilahan Hulu Sambangi Beberapa Kecamatan di Wilayah Hukumnya

"Kita rata-rata di sini Petani, dan akses kita satunya untuk mengeluarkan hasil pertanian kita pakai kendaraan Laut (pompong), jadi sangat berpotensi terjadi serangan buaya kepada masyarakat," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, selama dalam dua tahun terakhir sudah 3 orang yang diserang oleh buaya dan satu diantaranya meninggal dunia, sedangkan dua mengalami luka gigitan.

"Gimana kami tidak ada ketakutan, apabila musim banjir, buaya sering mondar-mandir di belakang rumah warga, dan sudah ada korban. Jangan lah ada korban lagi, jadi kami sangat perlu bantuan pemerintah daerah untuk mengatasi hal tersebut," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dumah Dinas Camat Kuala Indragiri Terbakar, Dini Hari

Jumat, 21 Januari 2022 | 10:32 WIB
X