Korupsi di RSUD Bangkinang, Jaksa Kembali Siapkan Surat Panggilan untuk Ketua KONI Kampar

- Selasa, 16 November 2021 | 16:30 WIB
RSUD Bangkinang
RSUD Bangkinang

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kejaksaan Tinggi Riau kembali akan memanggil saksi-saksi yang sebelumnya berhalangan hadir dalam perkara dugaan korupsi di RSUD Bangkinang. Salah satunya, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Kampar, Surya Darmawan.

Adapun perkara dimaksud adalah dugaan rasuah dalam kegiatan pembangunan ruang instalasi rawat inap (Irna) Kelas III di RSUD Bangkinang, Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2019. Pengusutan perkara itu dilakukan penyidik pada Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Riau.

Penyidikan perkara ini dilakukan berdasarkan surat perintah penyidikan (sprindik) nomor: PRINT-03/L.4/Fd.1/01/2021. Surat itu ditandatangani pada 22 Januari 2021 oleh Kepala Kejati (Kajati) Riau kala itu, Mia Amiati. Sejauh ini, penyidik telah menetapkan dua orang tersangka.

Mereka masing-masing berinisial MYS selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan RA, Team Leader Management Konstruksi (MK) atau Pengawas pada kegiatan pembangunan ruang instalasi rawat inap di RSUD Bangkinang.

Baca Juga: KPK Kembali Galakkan Pencarian Harun Masiku

Pada Jumat (12/11) kemarin, keduanya dipanggil untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi. Hari itu juga, penyidik meningkatkan status keduanya menjadi tersangka, dan langsung dilakukan penahanan.Keduanya dititipkan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru untuk 20 hari ke depan.

Kendati begitu, penahanan bisa saja diperpanjang, sesuai kebutuhan penyidikan perkara.

Dari informasi yang didapat, di hari yang sama, penyidik juga memanggil sejumlah saksi untuk diperiksa. Salah satunya, Surya Darmawan. Namun saat itu, pria yang akrab disapa Surya Kawi itu memilih mangkir.

Atas hal itu, penyidik kembali akan memanggil Surya Darmawan. "Lagi membuat surat panggilan. Saat ini sedang dibuat oleh Tim Penyidik," ujar Asisten Intelijen Kejati Riau, Raharjo Budi Kisnanto.

"Tunggu tanggal mainnya," sambung Raharjo menegaskan.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rendi Winata Resmi Jabat Kasi Intel Kejari Kampar

Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:46 WIB

Lapas Bangkinang Terima 12 Orang Tahanan Baru

Kamis, 28 Juli 2022 | 17:47 WIB
X