UPTD Kesehatan Puskesmas Perhentian Luas Distribusikan Vaksin Dosis Satu Jenis Pfizer

- Senin, 15 November 2021 | 10:38 WIB
UPTD Kesehatan saat disrubusikan vaksin Fpizer (Istimewa/Yendri)
UPTD Kesehatan saat disrubusikan vaksin Fpizer (Istimewa/Yendri)


HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - Salah satu komponen utama vaksin merupakan antigen yang bermanfaat bagi tubuh manusia, yang mana antigen berperan penting dalam membentuk antibodi yang akan menjadi krusial dalam sistem imun tubuh.

Umumnya, setelah pemberian satu atau dua dosis vaksin, kita akan lebih terlindungi dari satu penyakit selama bertahun-tahun, atau bahkan seumur hidup. Tanpa vaksin, kita memiliki risiko terkena penyakit serius atau cacat yang diakibatkan penyakit, seperti campak, meningitis, tetanus, dan sebagainya. WHO memperkirakan, vaksin menyelamatkan antara dua hingga tiga juta jiwa setiap tahunnya.

Tidak berbeda dengan Vaksinasi Corona Virus Desease atau yang sering disebut dengan Covid 19, agar virus ini tidak semakin menyebar, ketika dilakukan vaksinasi, kemungkinan untuk menularkan penyakit ke orang lain tentu akan berkurang, karena risiko tubuh untuk terinfeksi penyakit pun turut berkurang, Dengan mengikuti vaksinasi Covid-19.

"Kita tak hanya menyelamatkan diri sendiri, namun juga melindungi mereka yang rentan," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan Puskesmas Perhentian Luas Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi H.Nopriwan Malus SKM M.Kes kepada Haluanriau.co Senin (15/11/2021).

Baca Juga: DPC Partai PKB Inhil Gelar Vaksinasi Dosis ke 2 di Tembilahan

Dijelaskan Nopriwan Malus, pemberian vaksinasi juga akan mempercepat kekebalan kelompok (herd immunity). Ketika sudah banyak masyarakat yang divaksinasi, maka terbentuklah keadaan herd immunity tersebut.

"Satu hal yang perlu diingat, vaksin bukanlah obat pandemi, melainkan upaya kita untuk membentengi diri dari efek virus penyebab Covid-19. Karena itu, jangan pernah tinggalkan gaya hidup sehat dan selalu praktikkan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan) serta jika adanya anjuran vaksin yang diberikan pemerintah, maka bergegaslah kita melaksanakannya, agar kita terlindungi," ucap Nopriwan Malus.

Dilanjutkannya, dimana mulai hari ini, hingga 30 November 2021 mendatang Puskesmas Perhentian Luas akan melaksanakan vaksinasi covid 19 Dosis 1 (Satu) dan  Dosis 2 (dua) yang mana terdiri dari masyarakat umum, Pelajar SMP, MTS serta lansia.

Yang mana dijelaskannya, pada 15 November sebanyak 230 kuota untuk masyarakat umum, 16 November Pelajar SMP N 4 LTD sejumlah 142 kuota, 17 November 220 kuota (umum), 18 November SMN N 1 LTD 195 kuota, 19 November MTS 45 kuota, 20 November Dosis 2 dengan kuota 224,  22 November 250 kuota (umum), 23 November 150 Kuota (Lansia), 24 November 200 kuota (umum), 25 November 200 kuota (umum), 29 November 250 kuota (Umum) sedangkan 30 November 150 kuota khusus lansia.

Baca Juga: Fikom Umri dan LDK PWM Riau Sukses Gelar Training Komunikasi dan Organisasi Pengurus OSIS dan IPM SLTA Se-Riau

"Tentunya berbagai persyaratan dipersiapkan membawa kartu Identitas diri atau KTP, yang mana vaksin dimulai tetap pukul 09:00 WIB hingga selesai, yang mana vaksin yang diberikan merupakan vaksin pfizer," jelas Kepala UPTD Kesehatan Perhentian Luas.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X