Polsek Cerenti Tindak Penambang Emas Ilegal di Wilayah Hukumnya

- Sabtu, 13 November 2021 | 17:50 WIB
Kapolsek Wan Mantazakka saat melakukan penertiban PETI di Pulau Sipan Inuman (Istimewa/Yendri)
Kapolsek Wan Mantazakka saat melakukan penertiban PETI di Pulau Sipan Inuman (Istimewa/Yendri)

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Cerenti langsung tanggap dan tindak aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang berada di Wilayah Hukumnya (wilkum), pada Sabtu (13)/11/2021) siang.

Kegiatan tersebut dipimpin secara langsung oleh Kapolsek Cerenti AKP Wan Mantazakka SH MH yang didampingi Kanit Provos Bripka Budi S, Bhabinkamtibmas Brigadir Windra H serta Personil Polsek Cerenti.

"Kejadian ini berawal saat bhabinkamtibmas saat melakukan pengamanan pelaksanaan vaksin di SMP N 3 Inuman, dan kanit langsung menginformasikan kepada , tanpa pikir panjang kita langsung meluncur ke lokasi, " terang Kapolres Kuantan Singingi AKBP Rendra Oktha Dinata SIK M. Si melalui Kapolsek AKP Wan Mantazakka SH MH.

Setibanya di lokasi, katanya Wan, alhasil ditemukan  satu unit rakit PETI yang berada tidak jauh dari SMP N 3 Dusun  3 Desa Pulau Sipan Kecamatan Inuman.

Baca Juga: Gunakan 4 Unit Towing Truck, Kejari Pindahkan Barang Bukti 60 Unit Motor ke Rupbasan Pekanbaru

Dijelaskan Wan Mantazakka, setibanya di lokasi pelaku penambang ilegal tersebut langsung melarikan diri ke arah hutan di dekat beroperasi nya PETI tersebut.

"Kedatangan petugas diketahui pelaku, karena jalan masuk menuju lokasi melalui pemungkiman masyarakat, kita menduga kedatangan kita ada yang mengetahui, " ujar Kapolsek Cerenti Kepada Haluanriau.co.

Selanjutnya, personil Polsek Cerenti segera melakukan tindakan agar penambang tidak dapat beroperasi kembali. Pemusnahan dilakukan dengan cara merusak mesin dan rakit dengan cara mempreteli.

Selain itu, Kepolisian Sektor Cerenti langsung mengamankan rakit PETI dengan cara memasang spanduk larangan aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI), serta mengamankan satu unit filter Oli, satu unit filter minyak dan satu unit mesin robbin.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X