Buka Bimtek, Kadis PMD Bengkalis Yuhelmi Harap Kepala Desa dan BPD Bersinergi

Dodi Ferdian
- Jumat, 12 November 2021 | 09:25 WIB
Bimtek yang diikuti Kepala Desa dan anggota BPD se-Kabupaten Bengkalis
Bimtek yang diikuti Kepala Desa dan anggota BPD se-Kabupaten Bengkalis

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kegiatan bimbingan teknis bagi kepala desa dan anggota Badan Pemberdayaan Desa se Kabupaten Bengkalis telah dibuka pada Rabu (10/11) kemarin. Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Bengkalis Yuhelmi.

Kegiatan itu dengan mengusung tema 'Membangun Sinergitas Pemerintah Desa dan BPD dalam Pemerintahan dan Pembangunan Desa. Bimtek tersebut diselenggarakan selama 3 hari di salah satu hotel di Kota Pekanbaru.

Selain Yuhelmi, saat itu juga hadir Minsarwesi, Pimpinan Lembaga Ceris selaku penaja kegiatan tersebut dan diikuti oleh 90 orang peserta dari berbagai desa yang tersebar di beberapa kecamatan.

Yuhelmi sendiri sangat mengapresiasi Lembaga Ceris yang telah berupaya menjadi wadah mensinergikan Kepala Desa dan BPD dalam kegiatan bimtek yang merupakan sebuah kebutuhan melihat kondisi saat ini.

Ke depan, pemerintah desa baik itu Kepala Desa dan BPD harus bersinergi dalam mengelola dana desa dan berupaya keras untuk mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk desa.

"Ke depan tidak ada jaminan bahwa setiap tahunnya desa memperoleh Dana Desa. Kita juga berterimakasih terhadap Presiden Joko Widodo tetap konsisten untuk membangun desa," ujar Yuhelmi.

"Untuk itu manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan sumber-sumber lainnya untuk meningkatkan PADes," sambungnya.

Sementara itu, terkait pemberdayaan perempuan, Yuhelmi memaparkan meningkatnya peran perempuan aktif dalam menjalankan lembaga pemerintahan.

"Kepala desa 1 orang perempuan, Sekdes 5 orang, perangkat desa hampir 400, Ketua BPD 7 orang. Melihat keterwakilan perempuan ditambah posisi lembaga di desa maka Kabupaten Bengkalis telah memenuhi 30 persen dari total kebutuhan," kata dia.

"Mudah-mudahan Bimtek ini menjalin sinergi dalam pemerintahan desa dan mendatangkan hal positif untuk pengembangan dan kemajuan desa," harap Yuhelmi.

Halaman:

Editor: Dodi Ferdian

Tags

Terkini

Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-510 Bengkalis

Senin, 1 Agustus 2022 | 15:59 WIB

Ini Tips Berboncengan dengan Posisi Menyamping

Senin, 4 Juli 2022 | 15:58 WIB
X