JMS di SMAN 2 Pangkalan Kerinci, Kejari Gandeng MUI Pelalawan

- Kamis, 11 November 2021 | 20:58 WIB
Ketua MUI Pelalawan Iswadi memberikan materi kepada siswa SMAN 2 Pangkalan Kerinci (Dodi Ferdian/HRC)
Ketua MUI Pelalawan Iswadi memberikan materi kepada siswa SMAN 2 Pangkalan Kerinci (Dodi Ferdian/HRC)

HALUANRIAU.CO, PELALAWAN Kejaksaan Negeri Pelalawan menggandeng Majelis Ulama Indonesia kabupaten setempat pada kegiatan Jaksa Masuk Sekolah di SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci. Di hadapan para siswa, disampaikan terkait aliran kepercayaan atau keagamaan yang menyimpang.

"Kegiatan JMS kali ini kita menghadirkan Ketua MUI Pelalawan, Bapak Iswadi sebagai salah satu narasumber," ujar Kepala Kejari (Kajari) Pelalawan, Silpia Rosalina melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Fusthathul Amul Huzni, Kamis (11/10).

Pihaknya, kata Fusthathul, sengaja menggandeng MUI untuk memberi pemahaman kepada siswa terkait aliran kepercayaan atau keagamaan yang menyimpang khususnya Agama Islam. Ini sebagai upaya cegah dini di kalangan pelajar.

"Sebab pelajar merupakan gerbong utama dari suatu generasi muda yang mempunyai posisi dan peran strategis dalam pembangunan yang akan menentukan arah dan tujuan suatu negara di masa yang akan datang," sebut dia.

Baca Juga: Menag Minta Pengelola Masjid Bijak Gunakan Pengeras Suara

"Hal ini selaras dengan kewenangan Kejaksaan RI sebagai Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Pasal 30 ayat (3) huruf d," sambung dia.

Hal ini kemudian mendapat sambutan baik oleh Wantoro. Dalam sambutannya, Kepala SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci itu mengucapkan terima kasih kepada Korps Adhyaksa tersebut yang telah  memilih sekolahnya sebagai tujuan penyuluhan hukum bagi para pelajar.

"Sehingga hal ini dapat menambah khazanah pengetahuan bagi pelajar dan meningkatkan kesadaran hukum para pelajar," kata Wantoro.

"Dengan hadirnya Ketua MUI Pelalawan ini merupakan hal yang cukup baik juga untuk memberi peningkatan spiritual dan moralitas bagi pelajar khususnya yang beragama Islam," lanjut dia.

Ketua MUI Pelalawan Iswadi, dalam paparannya di hadapan para siswa menyampaikan terkait tanda-tanda suatu aliran kepercayaan atau keagamaan khususnya yang menyimpang dari ajaran agama Islam. Hal itu tentu saja berdasarkan ketetapan dari MUI.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penyuap Mantan Kades di Pelalawan Dieksekusi

Senin, 7 Februari 2022 | 17:46 WIB
X