Plt Bupati Kuansing Pimpin Upacara Hari Pahlawan Nasional, Dilanjutkan dengan Ziarah Kemakam Pahlawan

- Rabu, 10 November 2021 | 11:42 WIB
Kunjungan Forkopimda Kuantan Singingi ke makam pahlawan usai Upacara peringatan 10 November (Yendri/HRC)
Kunjungan Forkopimda Kuantan Singingi ke makam pahlawan usai Upacara peringatan 10 November (Yendri/HRC)

HALUANRIAU.CO,KUANTAN SINGINGI- Dalam Peringatan Hari Pahlawan yang ke 76 yang jatuh pada 10 November 2021 hal tersebut bertujuan untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah negeri dengan mengorbankan nyawa, jiwa, raga bahkan keluarga agar negara terlepas dari para penjajah.

Memperingati hal ini merupakan agenda tahunan yang telah dilakukan sejak tanggal 10 November 1946 dan hingga saat ini 10 November 2021 seluruh penjuru bumi pertiwi ikut serta melaksanakan dalam bentuk bela sungkawa ke makam para pejuang Negeri ini dan tak lepas juga di Kuantan Singingi.

Plt. Bupati Kuantan Singingi, Suhardiman Amby Ak. MM secara langsung mempimpin upacara memperingati hari Pahlawan tahun 2021 guna untuk  mengenang dan penghargaan kepada para pahlawan yang terdahulu.

Maka untuk Mencapai dan mempertahankan Kemerdekaan memang diperlukan keberanian dan kedisiplinan.

Dalam upacara memperingati Hari Pahlawan juga hal yang harus dilakukan karena sudah menjadi acara kenegaraan dan diyakini sebagai tanda hormat serta penghargaan kepada Para Pahlawan dalam melahirkan bangsa Indonesia yang besar seperti saat ini.

"Pahlawanku insipirasi ku dan jadilah pahlawan masa kini yang memiliki keperdulian terhadap sesama," Ujar Suhardiman Amby dalam pidato resminya.

Plt. Bupati Kuantan Singingi menyatakan bahwa di tengah masa pandemi covid ini dengan jumlah peserta yang terbatas, tentunya disesuaikan dengan protokol kesehatan.

"Kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya mempertahankan kedaulatan Negara untuk Kesatuan,Keutuhan Negara Republik Indonesia," ujar Suhardiman Amby.

Suhardiman menjelaskan bahwa kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham- paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi COVID-19 yang saat ini melanda dunia.

Pria yang juga bergelar Datuk Panglimo Dalam tersebut juga berharap, meskipun dalam masa pandemi covid, peringatan hari pahlawan tahun 2021 dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X