Dinsos Kabupaten Inhil Gelar Bimtek Tingkatan Kapasitas SDM Pekerja Sosial Masyarakat

- Selasa, 9 November 2021 | 16:43 WIB
 (Istimewa)
(Istimewa)

HALUANRIAU.CO, TEMBILAHAN - Tingkatkan kemampuan serta menyatukan persepsi dalam membantu program pemerintah Kabupaten Inhil, Dinas Sosial Kabupaten Inhil, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Sosial (LK3), Peningkatan Kapasitas SDM, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), di Hotel Inhil Pertama, Jalan Guru Hasan Tembilahan, Senin (8/11/21).

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Provinsi Riau Raya Pribadi mengatakan pihaknya memberikan atensi besar karena Inhil termasuk Pemerintah Daerah kepeduliannya terhadap urusan-urusan sosial memberikan penyuluhan dan pembekalan terhadap para Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensos) dengan mengundang tokoh-tokoh masyarakat.

"Intinya Inhil sangat mengapresiasi kegiatan kegiatan penyuluhan kepada TKSK, yang saya fikir itu penting, ini bertujuan untuk menyamakan persepsi teman teman yang ada di TKSK. Dinsos memberikan penyuluhan pembentukan LKS, temen-temen PSKS, karena pilar-pilar Kemensos itu tidak akan bisa bekerja dengan baik di kementerian sosial kalau LKSnya tidak diberdayakan serta tidak didukung oleh pemerintah daerah," kata Raya Pribadi usai memberikan materi kepada peserta Bintek.

Baca Juga: Ditemukan Dalam Keadaan Menangis, Polisi Tindaklanjuti Dugaan Penculikan

Raya Pribadi mengungkapkan Inhil ini satu-satunya Kabupaten di luar Pekanbaru yang memiliki kekeliruan progres validasi data NIK dan data di DTKS tertinggi nomor 2. Namun meskipun demikian Inhil mampu mau validasi dengan baik dengan pencapaian 93%

"Pekanbaru wajar saja, karena berada di kota. Tapi Inhil, dengan rentang yang jauh, kemudian dengan jarak yang luar biasa tapi mereka mampu berkoordinasi kepada temen-temen PSKS agar data invalid segera diperbaiki. Alhamdulillah 93% sudah selesai. Artinya sekitar 7% lagilah agar semuanya bisa mencapai 100% sesuai target yang kita harapkan," jelasnya.

Lebih lanjut, Raya Pribadi menyebutkan untuk mencapai target tentunya ada kendala yaitu mungkin NIK tidak ditemukan atau belum valid karena masih ada kesalahan.

Oleh karena itu ia menyarankan untuk sebagian data warga yang belum bisa terbaca agar segera melapor ke Disdukpencapil Inhil supaya dapat di perbaiki.

"Sebab hanya pihak Disdukpencapil yang bisa menjawab, kenapa NIK warga itu tidak bisa terbaca, serta tidak bisa disandingkan dengan data kementerian, sehingga apabila data NIK itu tidak diperbaiki, maka data akan tertolak atau akan tercoret, itu mungkin atensi kami yang ada disini," sebutnya.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X