Mahasiswi UNRI Turut Suarakan Keadilan: Kita Sudah Lama Tahu Kasus Pelecehan Seksual Begini!

- Jumat, 5 November 2021 | 17:25 WIB
Orasi dari salah satu Mahasiswa Perempuan (yurin/HRC)
Orasi dari salah satu Mahasiswa Perempuan (yurin/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Mahasiswi-mahasiswi UNRI berang atas kasus yang menimpa rekan satu kampus. Mereka turut menyuarakan keadilan atas kasus yang menimpa rekan mereka yang diduga dilecehkan dosen sekaligus dekan dan calon rektor.

"Kita enggak harus jadi feminis untuk membela kasus-kasus seperti ini. Kita cukup jadi manusia! Saya berdiri di sini bukan hanya karena korban adalah kakak saya, rekan, dan sesama perempuan. Tapi karena saya manusia," ujar Nia, mahasiswi Hubungan Internasional UNRI, Jumat (5/11/2021).

"Janga takut. Kita sebagai cewe jangan mau dipermainkan, jangan mau ditekan. Apalagi kalau sudah sampai dilecehkan. Karena harga diri itu harga mati!" tambahnya dalam orasi.

Nia bahkan menyebut, sedari awal ia masuk kuliah dan menjadi mahasiswa baru, salah seorang dosen mewanti-wantinya agar apabila ingin menjumpai dosen laki-laki, harus membawa teman.

Orasi Mahasiswi UNRI (Yurin/HRC)
Baca Juga: Terduga Pelaku Pelecehan Seksual Dekan FISIP UNRI, Sudah Berkasus Sejak 2017

"Dari ucapan dosen itu saya tahu, bahwa kasus pelecehan seksual di sini (UNRI) bukan baru sekali dua kali, tapi lebih," katanya.

"Makanya kita harus kawal ini sampai tuntas. Karena yang bakal jadi korban itu adik-adik kita, teman, kakak, dan banyak perempuan lain," tambahnya.

Orasi Nia juga didukung mahasiswi lain, UNA. Ia meminta kasus ini segera diselesaikan dan ini menjadi kasus terakhir yang terjadi di UNRI.

"Kita harus kawal ini sampai selesai. Kita mau ini (pelecehan) jadi kasus terakhir di UNRI," katanya.

Baca Juga: Demo Kasus Pelecehan Seksual, Kadisospol BEM UNRI: Sudah Terlalu Lama Kasus Pelecehan Seksual, Namun Dibiarkan

Saat ini, demonstran telah membubarkan diri setelah wakil rektor berjanji membentuk tim pencari fakta independen yang bakal segera menuntaskan kasus yang menghancurkan citra UNRI.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dewan: Jangan Semena-mena Naikkan Tarif Sewa di STC

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:20 WIB
X