Kejari Pelalawan Musnahkan Barang Bukti, Ini Rinciannya

- Kamis, 4 November 2021 | 19:19 WIB
Kajari Pelalawan Silpia Rosalina memimpin kegiatan pemusnahan barang bukti (Istimewa/Dodi)
Kajari Pelalawan Silpia Rosalina memimpin kegiatan pemusnahan barang bukti (Istimewa/Dodi)


HALUANRIAU.CO, PELALAWAN - Kejaksaan Negeri Pelalawan memusnahkan barang bukti dari penanganan 131 perkara. Umumnya, yang dimusnahkan itu adalah barang bukti perkara narkotika.

Pemusnahan tersebut dilaksanakan di halaman kantor Kejari Pelalawan, Kamis (4/11). Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kepala Kejari Pelalawan, Silpia Rosalina, dan dihadiri oleh perwakilan dari Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan, Polres Pelalawan, Kodim 0313/KPR, BBKSDA Riau, Dinas Kesehatan Pelalawan, dan instansi terkait lainnya.

"Jumlah barang bukti yang dimusnahkan berjumlah 131 perkara," ujar Kajari Silpia Rosalina melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Fusthathul Amul Huzni.

Dikatakan Fusthathul, barang bukti yang dimusnahkan ini adalah perkara yang telah disidangkan di pengadilan sejak April 2021 lalu, dan telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Baca Juga: Timwas PPMI Pantau 5.000 Kepulangan Pekerja Imigran di Kepri

Adapun tujuan pemusnahan adalah agar barang bukti tidak hilang maupun dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dia kemudian merincikan barang bukti yang dimusnahkan. Untuk narkotika ada 78 perkara, yakni barang bukti sabu seberat 56,17 gram, ganja 11,03 gram, dan pil ekstasi 1,15 gram.

Lalu, terkait Oharda, Kamnegtibum dan TPUL sebanyak 53 perkara. Yaitu, senjata api jenis revolver dari perkara menghilangkan nyawa dengan sengaja sebanyak 1 perkara, kayu dari perkara penebangan kayu dan perambahan hasil hutan dengan jumlah 3 perkara.

"Dengan rincian, kayu papan sebanyak 150 lembar, kayu broti sebanyak 214 lembar, barang bukti gading dari perkara konservasi sumber daya alam sebanyak 1 perkara, barang bukti parang, egrek, tojok, dodos, gerobak yang disita dalam tindak pidana pencurian," terang Fusthathul.

Baca Juga: Penunjukan Ginda Sebagai Plt Inter DPRD Kota, Firdaus: Pemprov Menunggu Ketua Defenitif

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penyuap Mantan Kades di Pelalawan Dieksekusi

Senin, 7 Februari 2022 | 17:46 WIB
X