Polisi di Riau Musnahkan 86 Kg Sabu, Barang Bukti dari 6 Orang Tersangka

- Kamis, 4 November 2021 | 13:55 WIB
Pemusnahan barang bukti narkotika di Mapolda Riau (Istimewa/Dodi)
Pemusnahan barang bukti narkotika di Mapolda Riau (Istimewa/Dodi)


HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Dalam satu bulan terakhir, sedikitnya enam orang telah diamankan karena diduga terlibat tindak pidana narkotika. Dari tangan mereka, polisi menyita 86 kilogram sabu.

Barang haram itu kemudian dimusnahkan, Kamis (4/11). Kegiatan yang dipimpin Direktur Reserse Narkoba (Dir Resnarkoba) Polda Riau Kombes Pol Victor Siagian itu dilaksanakan di halaman Mapolda, dengan dihadiri Kabid Humas Kombes Sunarto, perwakilan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Pengadilan Tinggi (PT) Pekanbaru, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau dan Kuasa Hukum para tersangka.

Barang bukti sabu dimusnahkan dengan cara direndam menggunakan cairan bercampur detergen dan obat pembersih lantai setelah sebelumnya diuji sample keaslian narkoba oleh petugas Labfor Polda dengan alat tes narkoba.

Dikatakan Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto, barang bukti narkotika yang dimusnahkan ini merupakan pengungkapan kasus dari 6 orang tersangka. Mereka berperan sebagai kurir jaringan internasional dan bandar.

Baca Juga: Dukung PS Siak di Kompetisi Liga 3 Wilayah Riau 2021, Bupati Siak Alfedri Sambangi Pemain

"Pemusnahan narkoba jenis sabu sebanyak 86 kg lebih ini berasal dari enam tersangka," ujar Sunarto.

Dirincikannya, sebanyak 81 kilogram sabu didapat dari pasangan bukan suami istri asal Aceh berinisial Asm (52) dan HAS (47). Keduanya diamankan di dua lokasi berbeda di Kota Pekanbaru.

"Tim Opsnal Subdit I Ditresnarkoba mendapat informasi adanya jaringan narkotika internasional Aceh-Riau yang sedang berada di wilayah Kota Pekanbaru pada Jumat (1/10)," sebut perwira menengah Polri yang akrab disapa Narto itu.

Menindaklanjuti informasi itu, tim langsung melakukan penyelidikan, dan berhasil menangkap ASM, dengan barang bukti 32 kilogram sabu dalam kemasan teh China yang disimpan dalam kotak rokok Chief di sebuah rumah kontrakan di Jalan Swadaya Gang Potlot Kecamatan Tampan, Pekanbaru.

Baca Juga: 8 Tanda Teman Toxic yang Perlu Dibasmi, Jauhi Sebelum Keracunan

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X