Soal Seringnya Pekanbaru Banjir, Sekda: Sekarang Lebih Cepat Surut

- Rabu, 3 November 2021 | 14:57 WIB
SDN 140 Pekanbaru terendam banjir (Istimewa/Akmal)
SDN 140 Pekanbaru terendam banjir (Istimewa/Akmal)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Beberapa titik di Kota Pekanbaru belakang ini terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi. Namun, air yang menggenangi itu diklaim sudah cepat surut di banding sebelum-sebelumnya.

Saat ini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah memiliki masterplan pengendalian banjir. Strategi jangka pendek di dalam masterplan pengendalian banjir itu diduga sudah dijalankan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil menjelaskan, masterplan yang sudah dirancang, ke depan akan diaplikasikan di lapangan. Artinya, strategi jangka menengah dan jangka panjang akan dijalankan untuk memaksimalkan penanganan banjir.

Baca Juga: Dikritik Berbagai Pihak Soal Banjir, Wali Kota Firdaus: Kita Masih Fokus Penanganan Covid-19

"Curah hujan tinggi pasti ada dampak bagi Pekanbaru. Tapi sudah ada masterplan. Ini kan baru masterplan, ke depan kita menyusun anggaran. Kita menindaklanjuti di mana titik-titik yang rawan, sehingga kita bisa mengerjakan nanti," kata Sekda, Selasa (2/11) dikutip dari Pekanbaru.go.id.

Saat ini, pemko masih menjalankan strategi jangka pendek, seperti pengerukan sungai dan drainase. Jamil menyebut, langkah itu cukup efektif meminimalisir banjir.

"Jangka pendek kita normalisasi parit-parit yang tersumbat. Mana yang dangkal kita gali. Sungai Sail kan sudah mulai digali. Kalau pun ada banjir, sekarang lebih cepat surut," kata dia.

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: pekanbaru.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X