Dukung Pergub Kerjasama Media, Ketua Dewan Pers: Sudah Sejalan dengan Dewan Pers

- Selasa, 2 November 2021 | 16:44 WIB
Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh di sela-sela kegiatan seminar wakaf di Gedung Daerah Riau, Pekanbaru, Selasa (2/11/2021) (Istimewa)
Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh di sela-sela kegiatan seminar wakaf di Gedung Daerah Riau, Pekanbaru, Selasa (2/11/2021) (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU – Peraturan Gubernur (Pergub) Riau Nomor 19 Tahun 2021 tentang Penyebarluasan Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Provinsi Riau sudah sejalan dengan peraturan Dewan Pers.

Penegasan itu disampaikan oleh Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh kepada media, usai menjadi pemateri di acara Seminar Wakaf, di Gedung Daerah Riau, Selasa (2/11/2021).

Baca Juga: Polisi yang Minta Sekarung Bawang pada Supir Terancam Kurungan

"Itu memang kebijakan kita. Pergub (kerjasama media) itu harus begitu, sudah inline, sudah sejalan dengan Dewan Pers," ujar mantan Menteri Komunikasi dan Informatika ini.

Menurutnya, Pergub Nomor 19 Tahun 2021 dan aturan yang dikeluarkan Dewan Pers, sebenarnya dibuat untuk mendorong media lebih profesional.

Salah satu syarat, media dimaksud terverifikasi minimal administrasi di Dewan Pers, dan Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab adalah wartawan UKW Utama.

Baca Juga: Cinta Laura Tolak Tawaran Jadi Anggota Dewan: Tak Mau Jadi Pemimpin Buta

"Dengan demikian, kita mendorong teman-teman media profesional. Jelas penanggungjawabnya, wartawannya kompeten, maka harus ada UKW," sebutnya.

Yang terpenting, mantan Menteri Pendidikan Nasional itu mengimbau teman-teman wartawan terus memperbaiki kualitas dan kompetisinya.

"Saat menyampaikan berita harus berbasis data serta bisa memberikan pencerahan bagi publik, sehingga kehadiran media bisa jadi mesin penggerak perekonomian, sosial, dan lainnya," pungkas Muhammad Noh.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dewan: Jangan Semena-mena Naikkan Tarif Sewa di STC

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:20 WIB
X