Sebabkan Banjir, Drainase Sumbat Resahkan Warga di Tembilahan

- Senin, 1 November 2021 | 14:54 WIB
Tumpukan sampah plastik sebabkan drainase sumbat (haluanriau.co/Evrizon)
Tumpukan sampah plastik sebabkan drainase sumbat (haluanriau.co/Evrizon)

HALUANRIAU.CO, TEMBILAHAN - Masyarakat meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menyelesaikan permasalahan drainase di RT 003 RW 007 Parit 12, Kelurahan Tembilahan Kota, Kecamatan Tembilahan.

Pasalnya di sekitar wilayah tersebut sering dilanda banjir akibat drainase yang tersumbat karena banyaknya sampah.

Ardianto, selaku Ketua Pemuda RT 003 RW 007 mengatakan sudah lama permasalahan tersumbatnya drainase itu dibiarkan hingga mengakibatkan banjir.

Baca Juga: Bom Mobil di Yamen Tewaskan 12 Warga Sipil Termasuk Anak-Anak

"Penyebabnya adalah sampah plastik yang bertumpuk-tumpuk di drainase tersebut karena lama tidak dibersihkan dan tidak diperhatikan. Bukan hanya sampah, bahkan di atas drainase itu ada beberapa warga yang membangun ruang dapur dan ruang mandi cuci kakus," ujarnya kepada awak media, Minggu (31/10/2021).

Ardianto memperkirakan panjang drainase yang dipenuhi sampah sekitar 60 meter dengan ketebalan sampah 0,5 hingga 1 meter dan lebar 1 meter.

"Jika hujan turun dan air pasang tiba akibatnya banjir di ruas-ruas jalan seperti Jalan Kapten Muhtar, persimpangan Jalan H Said-Kartini, Padupai dan Alhadar," ungkapnya.

Untuk itu, ia berharap pemerintah daerah melalui instansi terkait ikut berembuk dan bekerja sama menyelesaikan masalah drainase tersebut.

Baca Juga: Aura Kasih Blak-Blakan Soal Hasrat Seksualnya Setelah Jadi Janda

"Pemerintah daerah melalui instansi terkait mungkin Dinas LHK, PUTR, Perkim dan Satpol PP Inhil mencari solusi untuk membersihkan drainase dan menertibkan bangunan yang sekiranya berada di atas drainase itu," harap Ardianto.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X