Enam Bulan Edarkan Madu Palsu di Pekanbaru, Empat Pelaku Diringkus

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 14:20 WIB
Pelaku penjual madu palsu (Istimewa/Akmal)
Pelaku penjual madu palsu (Istimewa/Akmal)


HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Peredaran madu palsu berhasil diungkap Kepolisian Sektor (Polsek) Tampan, empat orang pelaku dengan berbagai peran beserta barang bukti puluhan kilogram madu paslu diamankan.

Keempat pelaku yakni pria inisial H alias Jiansyah (42) berperan sebagai pemasak madu palsu dan isrtinya inisial DS alias Diana (40) berperan sebagai toke madu palsu serta adiknya inisial MT alias Teza (21) berperan sebagai pemancing pembeli, dan pria inisial A alias Ibas (51) berperan sebagai pemasar.

Kapolsek Tampan AKP I Komang Aswatama, Jumat (29/10), menyebut bahwa para pelaku ini sudah beraksi dan mengedarkan madu palsu di Kota Pekanbaru sekitar enam bulan terakhir.

Modus para pelaku ini dalam memasarkan madu palsu terbilang terorganisir, pelaku A alias Ibas awalnya menawarkan madu palsu ke toko-toko, dimana disitu sudah stanby pelaku MT alias Teza.

"Pelaku A ini menawarkan madu dalam kemasan botol ke toko, saat itu pelaku Teza berpura-pura tertarik dengan madu tersebut dan memesan jumlah yang banyak," terangnya.

Baca Juga: Netizen: IU dan Kai EXO Tak Serasi

Tujuannya untuk mempengaruhi pemilik toko, yang pada akhirnya tertarik untuk membeli madu palsu dalam jumlah banyak.

Seusai mendapat pesanan, pelaku H alias Jiansyah memproduksi madu palsu sesuai dengan jumlah pesanan. Disini peran istrinya bermain sebagai toke, mengantarkan madu palsu ke toko pesanan.

"Korbannya memesan dalam jumlah yang berbeda, korban memesan hingga jumlah kerugian puluhan juta, ada mesan Rp10 Juta, Rp20 Juta, Rp27 Juta," jelasnya.

Madu palsu olahan ini hanya berbahan air tawar, kopi muka atau pewarna es, asam citrum dan pengembang kue. Pelaku H alias Jiansyah memasak madu palsu memakai panci dandang almanium kapasitas 25 liter.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Personel Polda Riau Raih Penghargaan Medali PBB

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:21 WIB

Kota Pekanbaru Masuk Penilaian Adipura 2022

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:01 WIB
X