Hari Ini, Indra Agus Lukman Menangkan Putusan Pra Peradilan dan Timbulkan Polemik

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:06 WIB
KASI Intel Kajari Kuantan Singingi Rinaldy Adriansyah (haluanriau.co/Yendri Saputra)
KASI Intel Kajari Kuantan Singingi Rinaldy Adriansyah (haluanriau.co/Yendri Saputra)

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - Dalam Putusan Pra Peradilan (Prapid) Indra Agus Lukman (Kadis ESDM Provinsi Riau) di Pengadilan Negeri Teluk Kuantan, Indra Agus Lukman memenangkan putusan tersebut Rabu (27/10/2021) malam.

Namun putusan tersebut, menimbulkan polemik, pasalnya Indra Agus Lukman masih menjadi tahanan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pekanbaru dan belum dibebaskan.

Sehingga, pihak keluarga yang bersangkutan mendatangi Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi dengan dikawal secara ketat oleh pihak kepolisian guna menghindari keributan.

Akan hal itu, Penasihat Hukum (PH) Indra Agus Lukman, Rizki JP Poliang meminta kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kuantan Singingi, Hadiman sebagai eksekutorial melaksanakan tugas dan fungsinya (tupoksi).

Dijelaskan Rizki, Kepala Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi belum berkenan mengeksekusi, karena belum ada putusan dari Pengadilan Tipikor Pekanbaru, dan secara formal dirinya menilai sudah cacat hukum.

Baca Juga: Bikin Heboh, Siswi SMP Melahirkan di Toilet Sekolah

"Mengapa harus minta izin, secara Mutatis Mutandis, berkas perkara saat ini sudah limpah di Pengadilan Pekanbaru itu sudah gugur," ujar Rizki saat memberikan keterangan kepada Haluanriau.co, Kamis (28/10/2021) sore.

Dijelaskan Rizki, Putusan Mutatis Mutandis adalah asas yang menyatakan pada dasarnya sesuai dengan prosedur yang terdapat dalam ketentuan Peraturan Kepala dan ini memiliki kewenangan melakukan perubahan prosedur pada hal-hal yang diperlukan atau penting sesuai dengan kondisi yang mendesak.

"Langkah ke depan kami akan melakukan kajian terlebih dahulu, langkah dan tindakan apa yang akan kami ambil," terang Rizki.

Kuasa Hukum Indra Agus Lukman, Rizki JP Poliang (haluanriau.co/Yendri Saputra)

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X