Tingkatkan UMKM, Pemda Kuansing Keluarkan SE Gunakan Batik Setiap Hari Kamis

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:01 WIB
Kadis Kopdagrin Drs Azhar MM (Istimewa)
Kadis Kopdagrin Drs Azhar MM (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - Salah satu visi dan misi Pemerintahan Andi Putra dan Suhardiman Amby yang merupakan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kuantan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi Periode 2021-2026 salahsatunya adalah peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Berkaitan dengan itu Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi mengeluarkan kebijakan dengan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) berkaitan dengan pemakaian Batik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), yang mana pemakaian Batik tersebut dilaksanakan oleh ASN setiap Hari Kamis.

Hal itu di perkuat dengan adanya Surat Edaran (SE) Nomor :1119 yang mana salah satu poin pentingnya seluruh ASN memakai Batik Kuantan Singingi.

Dijelaskan Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian (Kopdagrin) Drs Azhar MM, akibat dari kebijakan tersebut terjadinya peningkatan permintaan konsumen kepada pelaku usaha Batik tersebut.

Baca Juga: Oknum Satpol PP Tanggerang Terjaring Razia Prostitusi, Kabag Protokol: Anggota Kita Lagi Nyamar

"Saat terjadi ketidak seimbangan antara jumlah permintaan dengan jumlah SDM yang ada, yang menyebabkan antrian yang sangat banyak bahkan sampai ke antrian yang ke 3.000 antrian, " tutur Azhar Kepada Haluanriau.co Kamis (28/10/2021) di Teluk Kuantan.

Dikatakan Azhar, akan banyaknya permintaan dari konsumen tersebut, pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Koperasi dan melakukan komunikasi dengan balai diklat industri Padang milik Kementerian Perindustrian.

"Jadi hasil yang kita peroleh, Kabupaten Kuantan Singingi memiliki kesempatan di tahun 2024 untuk membatik kepada empat angkatan yang akan di mulai pada Januari 2024," ungkap Azhar.

Batik Jalur Batik anak Nagori

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X