Cegah Banjir, Sungai Andan dan Sungai Tangguk Tinggal di Ukui akan Dinormalisasi

- Senin, 25 Oktober 2021 | 15:19 WIB
Kepala Desa Ukui Dua Tarmizi, S.IP meninjau lokasi normalisasi sungai bersama Dinas PU Kabupaten Pelalawan, Senin (25/10/2021) (Istimewa/Eka)
Kepala Desa Ukui Dua Tarmizi, S.IP meninjau lokasi normalisasi sungai bersama Dinas PU Kabupaten Pelalawan, Senin (25/10/2021) (Istimewa/Eka)


HALUANRIAU.CO, UKUI - Pemerintah Kabupaten Pelalawan pada bulan November 2021 mendatang akan melakukan normalisasi terhadap dua sungai di Desa Ukui, Kecamatan Ukui.

"Alhamdulillah, sungai Andan yang berada di Dusun I dan Sungai Tangguk Tinggal di Dusun III tahun ini dinormalisasi oleh Pemerintah. Ini berdasarkan usulan Pemerintah Desa Ukui Dua dan disetujui Pemkab Pelalawan," ujar Kepala Desa Ukui Dua, Tarmizi, S.IP saat peninjauan sungai Andan bersama pihak Dinas PU Kabupaten Pelalawan, Senin (25/10/2021).

Sungai Andan dan sungai Tangguk Tinggal  selama ini belum pernah di normalisasi. Aliran sungai tersumbat mengakibatkan sungai menjadi keruh dan kerap terjadi banjir melanda rumah penduduk yang berada di kawasan  pinggiran sungai tersebut.

Menyikapi hal ini, Pemerintah Desa Ukui Dua mengusulkan kepada pemerintah melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk dilakukan normalisasi sungai Andan dan Sungai Tangguk Tinggal.

Baca Juga: Terkait Aktifitas Pungli di Jalan By Pass Minas-Rumbai, Ini Penjelasan Manajemen PHR

Kegiatan normalisasi sungai tersebut bersumber dari APBD Perubahan Pelalawan tahun 2021.

"InsyaAllah berdasarkan informasi dari Pemkab Pelalawan, kegiatan normalisasi mulai dilaksanakan pada bulan November 2021 mendatang," sebut Tarmizi.

Tarmizi berharap, dengan adanya kegiatan normalisasi ini warga dapat menikmati kembali aliran sungai guna kebutuhan sehari hari. Terlebih lagi normalisasi ini diharapkan dapat mencegah terjadinya banjir yang sering melanda rumah warga di pinggiran sungai.

"Kedepan kita juga mengusulkan normalisasi sungai lainnya yang berada di Desa Ukui Dua. Karena ada beberapa sungai lainnya yang hatus dinormalisasi supaya dapat dimanfaatkan warga dan meminimalisir terjadinya banjir, " sebut Tarmizi.

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penemuan Mayat di Pelalawan, Polisi Tunggu Hasil Autopsi

Senin, 20 September 2021 | 16:08 WIB

RAPP Fasilitasi Lebih 12 Ribu Vaksin Gotong Royong

Selasa, 10 Agustus 2021 | 08:53 WIB

Perdana, Guru MAN 1 Pekanbaru Raih Gelar Doktor

Minggu, 8 Agustus 2021 | 16:57 WIB
X