Koalisi Keadilan Agraria Minta Kapolres Kampar Dicopot: Mereka Gigih Mengkriminalisasi Koperasi dan Petani

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 20:57 WIB
Kapolres Kampar AKBP Rido Purba (Istimewa/Amri/HRC)
Kapolres Kampar AKBP Rido Purba (Istimewa/Amri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Kabar tentang kriminalisasi yang diduga dilakukan oleh Kepolisian Resor Kampar kini sudah menjadi pemberitaan di media nasional.

Dikutip dari Tempo, Kapolres Kampar dan Kasat Reskrim Polres Kampar disebut oleh Perwakilan Koalisi dari  International NGO Forum on Indonesian Development (INFID), secara nyata bersikap tidak netral dan tidak profesional dan dianggap telah mempermalukan institusi Kepolisian karena cendrung melindungi dan melayani korporasi yang bermasalah.

Perwakilan Koalisi Intan Bedisa meminta Kapolri untuk mencopot Kapolres Kampar dan memerintahkan Kapolda Riau untuk menghentikan kriminalisasi terhadap ketua koperasi dan petani.

Lebih lanjut ia meminta ketua koperasi dan petani diberikan perlindungan serta diperjuangkan hak-hak mereka yang telah dilanggar.

Baca Juga: Baru Menjabat 2 Bulan, Kapolres Kampar AKBP Rido Purba Tunjukan Sikap Arogan

“Alih-alih membantu petani yang sedang memperjuangkan hak, justru Polres Kampar yang merupakan jajaran dari Polda Riau gigih mengkriminalisasi Ketua Koperasi dan 2 orang petani dengan kasus sarat rekayasa,” ungkap Intan Bedisa yang dikutip dari tempo.co

Kepala Kepolisian RI Jenderal Listyo Sigit Prabowo, telah menerbitkan instruksi kepada jajarannya yang salah satunya adalah memberikan sanksi tegas kepada para anggota yang terbukti melanggar kode etik, sebagai respon ketidakpuasan publik terhadap pihak kepolisian.

Walaupun sudah menerbitkan instruksi tersebut, Intan menilai bahwa sikap yang sebatas  reaksi tersebut tidak mencerminkan pengetahuan polri terhadap problem yang ada dan mengakut didalam tubuh kepolisian. Ia menegaskan bahwa salah satu sumber masalah yang menjadi momok bagi masyarakat adalah penyalahgunaan wewenang pada fungsi resere.

Baca Juga: Sekilas Tetang Kapolres Kampar AKBP Rido Purba yang Diduga Arogan

Intan juga menyebutkan bahwa Polda Riau hanya berpangku tangan dimana dalam kasus mafia tanah yang dilaporkan oleh koperasi Petani Sawit Makmur ke Bareskrim Polri.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Tempo.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X