Lokakarya Pembangunan Desa Pro Mangrove di Kabupaten Indragiri Hilir

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:22 WIB
 (Istimewa)
(Istimewa)

HALUANRIAU.CO, INHIL - Lokakarya Pembangunan Desa Pro Mangrove ini di Taja oleh Yayasan Mitra Insani (YMI) dalam rangka memperkuat komunikasi dan koordinasi antar pihak yang mana kedepannya akan bekerja di Kabupaten Indragiri Hilir untuk Pengembangan pengelolaan ekosistem mangrove yang lestari berbasis masyarakat.

Terdapat 6 desa yang menjadi wilayah kerja program “Pengelolaan Ekosistem Mangrove
Berkelanjutan Berbasis Masyarakat“

Program ini tersebar di 2 kecamatan, untuk Kecamatan Kuala Indragiri adalah desa Sapat, Desa Sungai Piyai, Desa Prigi Raja dan Desa Tanjung Melayu serta Kecamatan Mandah dengan Desa Igal dan Desa Pulau Cawan.

Dalam pelaksanaan kegiatan turut serta juga Yayasan Pesisir Lestari (YPL) dan Yayasan Hutan Biru (YHB) yang tergabung dalam konsorsium dengan fokus kegiatan sesuai bidang.

Baca Juga: Kuasa Hukum Kadis ESDM Provinsi Riau Ajukan Pra Peradilan Usai Ditetapkan Sebagai Tersangka Korupsi

Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan dan mengkomunikasikan rencana kerja masing–masing pihak terkait pembangunan desa pesisir kemudian mengumpulkan masukan dan gagasan rencana dan strategi pengelolaan ekosistem mangrove berbasiskan masyarakat.

Hal ini akan menjadi kesepahaman peran dan tanggung jawab masing–masing pihak tentang pengelolaan ekosistem mangrove berbasis masyarakat pedesaan dan ramah lingkungan di kabupaten Indragiri hilir.

Ekosistem mangrove yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir merupakan aset penting bagi
keberlangsungan kehidupan masyarakat baik yang berada di dalam kawasan maupun diluar
ekosistemnya. Memiliki luas sekitar 127.000 hektar ( BPDASHL Indragiri-Rokan, 2021 ) Kabupaten Indragiri Hilir pemilik Ekosistem Terluas di Provinsi Riau.

Dari Potensi luasan yang ada juga terkandung potensi hutan bakau bagi masyarakat baik dari sisi hasil perikanan, hasil hutan kayu, hasil hutan bukan kayu ( HHBK ) maupun hasil dari pemanfaatan jas lingkungannya.

Baca Juga: Siak Pertahankan Predikat KLA Tingkat Nindya

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akses Kendaraan Menuju Pulau Kijang Tertutup

Senin, 18 Oktober 2021 | 10:47 WIB
X