Tutup Akses Jalan Warga dengan Parit Gajah, PT WSN Konflik dengan Warga Desa Sumber Jaya

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 15:01 WIB
Bobby Hariansyah Purba dengan Pihak PT WSN, saat konsultasi terkait himbauan Pemda Kuansing. (haluanriau.co/Yendri Saputra)
Bobby Hariansyah Purba dengan Pihak PT WSN, saat konsultasi terkait himbauan Pemda Kuansing. (haluanriau.co/Yendri Saputra)

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - PT Wana Sari Nusantara (WSN) Desa Sumber Jaya, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau kembali menimbulkan polemik pada Kamis (7/10/21) kemarin.

Pasalnya, pihak perusahaan PT WSN melakukan galian sedalam 2 meter atau parit gajah yang menutup akses jalan menuju perkebunan milik masyarakat, sehingga setiap masyarakat yang ingin melakukan aktivitas menjadi terkendala.

Dikatakan Ambran Mangunsong yang merupakan Kepala Desa Sumber Jaya, dugaan kuat PT WSN tersebut berada di luar Hak Guna Usaha (HGU) milik perusahaan itu sendiri.

Selanjutnya, dirinya menilai tindakan yang dilakukan pihak perusahaan mengundang provokasi dengan pihak warga.

Baca Juga: Dipecat Melalui Sambungan Telepon, Suarez Sebut Itu Bukan Cara yang Baik

"Apa yang dilakukan oleh pihak PT WSN itu, berat dugaan kami di luar HGU miliknya, dan jelas apa yang dikerjakannya mengundang provokasi warga, karena akses jalan aktivitas masyarakat saat ini sudah diputus secara sepihak," tutur Ambran kepada haluanriau.co, Jumat (8/10/2021) siang.

Ambran menyebutkan bahwa, pihaknya berbicara hal itu berdasarkan fakta, dan ada bukti-bukti menyatakan lahan tersebut bukan milik HGU PT WSN.

"Kami bisa perlihatkan data, dan apa yang menjadi bagian kami sebagai masyarakat Sumber Jaya," terang Ambran.

Senada dengan itu, seorang mahasiswa dari Kuansing, Bobby Hariansya Purba mengaku secara langsung mengawal konflik agraria antara masyarakat dengan perusahaan PT WSN.

"Kami merasa sangat miris, padahal Pemkab Kuansing melalui Wakil Bupati, Suhardiman Amby sidah menghimbau pihak perusahaan PT WSN tersebut," ujar Bobby.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X