Pengepul Paruh Rangkong Ditangkap, Pria Asal Sumbar Itu Terancam 5 Tahun Kurungan

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 15:22 WIB
Tersangka dan barang bukti empat paruh rangkong. (Media Center Riau)
Tersangka dan barang bukti empat paruh rangkong. (Media Center Riau)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Polisi menangkap seorang pria asal Sumatera Barat di Pekanbaru dan menyita empat paruh burung rangkong.

Diketahui, rangkong adalah burung dilindungi dan pria dengan inisial Y (38), warga Jorong Sungai Tambang, Desa Kunangan Parit Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung itu ditangkap karena menjual beli organ tubuh satwa yang dilindungi.

Direktur Reskrimsus Polda Riau, Kombes Ferry Irawan mengatakan pelaku diduga sebagai pengepul. Ia diduga berencana menjual paruh seharga Rp2 hingga Rp3 juta.

Baca Juga: Warga Pekanbaru Bisa Usulkan Rehab Rumah Lewat Website Perkim

"Sejauh ini pelaku masih sebagai pengepul saja. Soal pemburu masih kami dalami lagi karena dia menjual seharga Rp2-3 juta per satu paruh," kata Ferry, dikutip dari Media Center Riau.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto mengatakan penangkapan berawal setelah tim Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Riau menerima kabar ada transaksi organ satwa dilindungi.

Transaksi akan dilakukan di Kantor Pos Jalan Jenderal Sudirman No 25 Pekanbaru.

"Sekira Pukul 10.00 WIB tim ke TKP Kantor Pos Jenderal Sudirman. Di lokasi terlihat pelaku duduk di Kantor Pos," kata Sunarto, Kamis (30/9/2021).

Baca Juga: Perwakilan Haluan, Anthon Mandala Jabat Ketua Forwakap

Selanjutnya polisi melakukan penangkapan terhadap pelaku yang membawa tas selempang berwarna biru. Kemudian tim menginterogasi dan minta tas untuk dibuka.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Media Center Riau

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Universitas Islam Riau dan Pemkab Pelalawan Teken MoU

Senin, 29 November 2021 | 18:19 WIB
X