Angka Gugatan Perceraian di Kuansing Meningkat dari Tahun 2020, Kebanyakan karena Masalah Ekonomi

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 14:03 WIB
 (Istimewa)
(Istimewa)

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - Pengadilan Agama Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi menerima gugatan (Contentious) 412 perkara dan untuk permohonan ada 132 di tahun 2021 per Jum, at 1 Oktober 2021 ini.

Berdasarkan data, angka gugatan perceraian di Kabupaten Kuantan Singingi pada tahun 2021 ini, terjadi peningkatan dari tahun 2020 yang lalu. Dari gugatan (Contentious) dan permohonan yang diajukan pemohon rata rata alasan ekonomi, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), penyakit masyarakat (Pekat) dan faktor pihak ketiga.

Hingga per 1 Oktober 2021, Pengajuan berkas perceraian yang diajukan 544 pemohon, baik gugatan maupun pemohon ke Pengadilan Agama Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Teluk Kuantan Niva Resna S. Ag melalui Wakil Ketua Pengadilan Agama Genius Virades SH kepada Haluanriau.co di Ruang Kerjanya Jumat (1/10/2021) siang.

(Istimewa)

Diterangkan Genius Virades, dari perkara yang dijauhkan tersebut termasuk masalah waris, dan harta bersama (harta gono gini).

Baca Juga: Dari Hasil Peninjauan Kementrian PUPR dan KKTJ, Jembatan Pedamaran II Rohil Ditutup Sementara

"Dari yang kami terima sampai saat ini, perkara bermacam macam persolaan, termasuk waris dan permohonan gugatan perceraian, " ujar mantan Hakim Pengadilan Agama Kota madya (Kodya) Cirebon tersebut.

Selain itu, juga ada verstek yakni putusan yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim tanpa hadirnya tergugat dan tanpa alasan yang sah meskipun telah dipanggil secara resmi dan patut, Walaupun demikian bukan berarti pintu telah tertutup bagi tergugat.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kades Sungai Langsat Ultimatum PT Citra Riau Sarana

Selasa, 29 Maret 2022 | 11:51 WIB
X