Kejati Riau Tutupi Kesimpulan Inspeksi Kasus Dugaan Pemerasan Bupati Kuansing

- Kamis, 30 September 2021 | 15:59 WIB
Bupati Andi Putra usai diklarifikasi oleh Pemeriksa pada Bidang Pengawasan Kejati Riau. (haluanriau.co/Dodi Ferdian)
Bupati Andi Putra usai diklarifikasi oleh Pemeriksa pada Bidang Pengawasan Kejati Riau. (haluanriau.co/Dodi Ferdian)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Bupati Andi Putra menyampaikan laporan terkait dugaan pemerasan terhadap dirinya oleh oknum Jaksa di Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi, Jumat (18/6/2021) lalu. Hingga saat ini, tidak diketahui kesimpulan dari pengusutan laporan itu.

Pengusutan perkara ini diketahui dilakukan pemeriksa pada Bidang Pengawasan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau. Sejumlah pihak telah diundang untuk dimintai keterangan.

Mulanya, proses klarifikasi dilakukan terhadap pihak pelapor. Di antaranya, Dodi Fernando. Kuasa Hukum dari Andi Putra itu diperiksa bersama Rendi, seorang staf Andi Putra.

Tidak hanya itu, Kejati Riau juga telah memeriksa Bupati Kuansing, Andi Putra. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Hendra AP, satu orang dari DPRD Kuansing, dan satu orang orang mantan honorer di Kejari Kuansing inisial OD.

Pihak pelapor juga telah menyerahkan sejumlah barang bukti menguatkan tuduhan pemerasan yang diduga dilakukan oknum Jaksa di Kejari Kuansing.

Baca Juga: 2,6 Triliun APBD-P Pekanbaru Disahkan, Wali Kota: Kita Masih Fokus Tangani Covid-19

Pemeriksa juga telah melakukan klarifikasi terhadap Kepala Kajari (Kajari) Kuansing Hadiman. Proses yang sama juga dilakukan terhadap Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Kuansing, Imam Hidayat. Dua nama yang disebutkan terakhir merupakan pihak terlapor.

Seiring jalannya waktu, pada medio Juli 2021, pengusutan perkara ditingkatkan ke tahap inspeksi kasus. Sejak saat itu, tidak diketahui kesimpulan dari inspeksi kasus tersebut.

Kepala Kejati (Kajati) Riau, Jaja Subagja memilih tutup mulut saat ditanyakan mengenai hasil pengusutan perkara tersebut. Mantan Kajati Gorontalo itu tidak bersedia merespon upaya konfirmasi awak media yang ditujukan kepadanya.

Sebelumnya, Asisten Intelijen Kejati Riau, Raharjo Budi Kisnanto, Selasa (27/7/2021) kemarin menyatakan jika pengusutan perkara telah naik ke tahap inspeksi kasus.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Universitas Islam Riau dan Pemkab Pelalawan Teken MoU

Senin, 29 November 2021 | 18:19 WIB
X