Pembahasan APBD Perubahan Indragiri Hulu Dihentikan, Ini Masalahnya

- Rabu, 29 September 2021 | 09:28 WIB
Elda Suhanura (facebook @Ela Suhanura)
Elda Suhanura (facebook @Ela Suhanura)

HALUANRIAU.CO, RENGAT - Tahun ini hampir bisa dipastikan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) akan tanpa APBD Perubahan. Hal ini mengingat DPRD Kabupaten Indragiri Hulu harus menghentikan pembahasan APBD Perubahan 2021 karena tidak cukupnya lagi hari pembahasan.

Sesuai ketentuan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Plafon Pelaksana Anggaran Sementara (PPAS) untuk APBD perubahan minimal sudah diserahkan pada minggu pertama Agustus, namun DPRD Inhu baru menerima KUA PPAS tersebut pada minggu ketiga September 2021 [21 September 2021].

Selain itu juga, waktu pembahasan KUA PPAS maksimal sudah selesai dilakukan minimal 30 september.

"Tujuh Fraksi yang ada di DPRD Inhu melalui Banggar sepakat untuk tidak melanjutkan proses rancangan KUA dan rancangan PPAS APBD-P 2021, mengingat waktu yang tersedia tinggal dua hari lagi," tegas Elda Suhanura Ketua DPRD Inhu kepada awak media, di ruang kerjanya.

Sesuai dengan peraturan pemerintah, Elda menyebutkan pengesahan APBD Perubahan harusnya sudah dilakukan minimal tiga bulan sebelum APBD berakhir yang artinya 30 September.

Wakil Ketua DPRD Inhu, Suwardi Ritonga sejak Agustus 2021 sudah berulang kali menyurati Pemkab Inhu untuk mempertanyakan masalah tersebut, namun tetap saja tidak ada respon positif.

"Namun saat ini tidak lagi ada waktu untuk melakukan pembahasan, karena memang waktu hanya tinggal dua hari saja, tegas Elda.

"Dalam ketentuan itu menurut PP nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah, rancangan KUA-PPAS paling lambat atau selambat-lambatnya disampaikan Pemda awal Agustus atau minggu pertama Agustus. Ayat selanjutnya, rancangan KUA-PPAS disepakati Pemda dengan Banggar selambat-lambatnya minggu kedua Agustus," ujar Elda.

Selain itu dokumen KUA-PPAS yang didapat dari Pemkab Inhu pada minggu ketiga September 2021 hanyalah untuk pimpinan, sementara ntuk anggota DPRD Inhu lainnya yang akan melakukan pembahasan tersebut, tidak menerimanya dan baru diserahkan 28 September 2021.

Tujuh fraksi di DPRD Inhu telah sepakat untuk tidak melanjutkan pembahasan KUA PPAS APBD Perubahan tahun anggaran 2021, karena jika dibahaspun dengan melewati batas waktu yang telah ditetapkan, ditingkat verifikassi provinsi juga tetap tidak akan dianggap.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rantau Langsat Inhu Desa Wisata Terbaik Ketiga di Riau

Sabtu, 20 November 2021 | 12:13 WIB
X