Korupsi Dana Desa 4 Tahun, Penghulu Sungai Majo Pusako Ditahan Kejari Rohil

- Kamis, 23 September 2021 | 18:33 WIB
SB saat digiring oleh petugas Kejari Rohil. (haluanriau.co/Jhoni Saputra)
SB saat digiring oleh petugas Kejari Rohil. (haluanriau.co/Jhoni Saputra)

HALUANRIAU.CO, ROKAN HILIR - SB alias C selaku Datuk Penghulu Sungai Majo Pusako, Kecamatan Kubu Babussalam, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akhirnya ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Rohil karena diduga melakukan tindak pidana korupsi anggaran dana desa (DD).

SB ditahan Kejari Rohil selama 20 hari ke depan sejak 23 September hingga 12 Oktober 2021 di Lapas Kelas IIA Bagansiapiapi karena diduga melakukan korupsi dana desa sejak 2017 hingga 2020.

Kepala Kejari Rohil, Yuliarni Appy didampingi Kasi Intel Hasbullah dan Kasipidsus Herdianto mengatakan, adanya dugaan tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat.

Baca Juga: 56 Pegawai KPK di Pecat, Aliansi BEM Seluruh Indonesia Ultimatum Jokowi Angkat Mereka Jadi ASN dalam 3x24 Jam

Sehubungan denga itu, pihak Kejari melakukan serangkaian penyelidikan dengan meminta keterangan terhadap 18 orang, terdiri dari pelapor perangkat desa yang namanya tertuang dalam SPJ tenaga teknis.

"Berdasarkan laporan hasil audit Inspektorat, diketahui bahwa terdapat temuan yaitu adanya kelebihan pembayaran sehingga tim penyelidik meyakini telah menemukan dua bukti permulaan yang cukup untuk ditingkatkan ke penyidikan pada tahap penyelidikan," papar Yuliarni.

Kajari Rohil, Yuliarni Appy saat memberikan keterangan kepada awak media. (haluanriau.co/Jhoni Saputra)

Selain itu, Yuliarni mengatakan tersangka bersama bendahara sama-sama melakukan pencairan dana desa di bank. Setelah dana cair, tersangka meminta uang tersebut untuk dikelola sendiri.

Selanjutnya tersangka membuat SK Tim Pelaksana Teknis, dan SK tersebut tidak pernah diserahkan kepada orang yang bersangkutan, justru melakukan pemalsuan tanda tangan.

"Bahwa berdasarkan hasil audit Inspektorat Kabupaten Rokan Hilir, ditemukan kerugian negara sebesar Rp876.082.840," terang Yuliarni.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bentuk Koperasi, PWI Rohil Bergerak di Bidang Jasa

Kamis, 28 Oktober 2021 | 16:37 WIB

Warkop Daminja di Tembilahan Gelar Grand Opening

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 12:27 WIB

Tim Pakem Kejari Rohil Terus Awasi Kelompok Ahmadiyah

Rabu, 15 September 2021 | 21:46 WIB
X