Pastikan Keamanan Penumpang, Kepala Jasa Raharja dan Dishub Riau Tinjau Pelabuhan Mengkapan Buton

- Rabu, 22 September 2021 | 21:09 WIB
 (Istimewa)
(Istimewa)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kepala PT.Jasa Raharja Cabang Riau M.Iqbal Hasanuddin bersama dengan Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Riau Andi Yanto, melakukan peninjauan Pelabuhan Mengkapan Buton, Kabupaten Siak, Rabu (22/9).

Pelabuhan Mengkapan Buton Siak merupakan salah satu pintu masuk yang menggunakan tranportasi laut ke Riau, Sumatera dan Kepulauan Riau dan merupakan pelabuhan masyarakat serta pelabuhan mengangkut barang ke Kepulauan Riau.

Beberapa kapal yang beroperasi melayani penumpang umum misalnya, Nagaline, Meranti Express, Dumai Express dengan trayek tujuan Pelabuhan Mengkapan Buton ke Tanjung Samak, Tanjung Balai, Dumai dan Selat Panjang.

"Atas angkutan umum kapal pelayaran inilah Jasa Raharja ingin memastikan keterjaminan penumpang yang hilir mudik menggunakan jasa pelayaran” Kata M.Iqbal Hasanuddin.

Baca Juga: Rutin Sosialisasikan Safety Riding, Satlantas Polres Inhu Terima Penghargaan dari Polda Riau

Seperti yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 33 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang.

Jasa Raharja mempunyai tugas utama yaitu menjamin semua penumpang angkutan umum baik darat, udara, dan laut. Dengan adanya keterjaminan dari Jasa Raharja masyarakat akan semakin nyaman dan aman dalam perjalanan.

Kadishub Riau, Andi Yanto menambahkan bahwa Perusahaan angkutan di perairan wajib mengasuransikan tanggungjawabnya dan melaksanakan asuransi perlindungan dasar penumpang umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, hal itu adalah amanat sebagaimana pada Pasal 94 ayat.3 Permenhub RI Nomor 93 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang Dan Pengusahaan Angkutan Umum. Untuk itu kehadiran Jasa Raharja dalam perlindungan Asuransi Kecelakaan Penumpang Umum sudah pada tempatnya.

Pada kesempatan tersebut dalam rangka meningkatkan keselamatan penumpang transportasi laut dan sungai penyeberangan PT Jasa Raharja Cabang Riau melakukan penyerahan bantuan alat keselamatan lalu lintas kapal laut berupa Life Jacket dan Lifebouy yang secara simbolis diterima Kadishub Andi Yanto untuk di teruskan kepada pengelola Kapal Pelra melalui UPTD Dishub Siak.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wanita Tua Tersasar di Kota Pekanbaru

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:51 WIB

Baru Gabung NasDem, KPK Kembali 'Garap' Annas Maamun

Kamis, 21 Oktober 2021 | 20:14 WIB

Disdik Tutup Dua Sekolah Swasta yang Abai Prokes

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:51 WIB

Ganti Kartu ATM BCA Lama Anda dengan yang Baru

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:31 WIB

Durasi Sekolah Tatap Muka Resmi Ditambah Jadi 4 Jam

Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:53 WIB

Wali Kota Firdaus: Kita Sudah Bisa PPKM Level 1

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:37 WIB

Riau Masuk 10 Besar PON XX di Papua

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:54 WIB
X