Berstatus Tahanan Kota Terkait Kasus KDRT, Hermayalis Akui Menghadiri RALB dan RAT di Pekanbaru

- Rabu, 22 September 2021 | 10:41 WIB
Hermayalis yang diduga berada di salah satu hotel di Kota Pekanbaru. (Istimewa)
Hermayalis yang diduga berada di salah satu hotel di Kota Pekanbaru. (Istimewa)


HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Hermayalis terdakwa kasus kekerasan dalam rumah tangga melalui penasehat hukumnya mengakui mengikuti kegiatan Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) dan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2019-2021 Koperasi Tani Iyo Basamo yang dilakukan beberapa hari yang lalu.

"Betul beliau hadir mengikuti kegiatan itu (red-RALB dan RAT)," ujar Penasehat Hukum terdakwa Hermayalis, Asep Ruhiat pada Haluanriau.co, usai menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bangkinang, Selasa (21/9).

Namun menurut Asep hal itu tidak menyalahi aturan karena sebut dia terdakwa Hermayalis masih di dalam Kota Pekanbaru. Sesuai dengan hukum acara KUHAP bahwa yang bersangkutan adalah tahanan kota sesuai dengan kartu identitas penduduk (KTP) terdakwa.

"Yang bersangkutan (red-Hermayalis) berdomisili di Pekanbaru. Yang bisa dipersalahkan itu adalah apabila keluar dari Pekanbaru," kata Asep.

Baca Juga: Mahasiswa Kuansing Minta Usut Penggunaan Dana Covid, Kajari Kuansing: Siap Akan Kita Monitor

"Sekarang seperti menghadiri persidangan ini atas dasar memang kewajiban untuk menghadiri sidang. Kalau tidak untuk menghadiri sidang keluar dari Pekanbaru ke Kampar ini ya salah," pungkasnya.

Hermayalis ditetapkan Hakim Pengadilan Negeri Bangkinang sebagai tahanan kota dalam kasus dugaan KDRT.

Meski begitu ia tetap hadir memimpin rapat Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) dan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2019-2021 Koperasi Tani Iyo Basamo.

Atas hal itu, kuasa hukum korban Idariyani Iskandar Halim merasa keberatan karena menurut dia Hermayalis telah mengabaikan aturan yang berlaku.

Oleh sebab itu dia meminta hakim untuk mecabut status Hermayalis sebagai tahanan kota.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KNPI Kampar Minta Agar PT Padasa Penuhi Hak Eks Karyawan

Senin, 20 September 2021 | 12:23 WIB
X