Jaga Kelestarian Ikan, Pemkab Rohil Tabur Ribuan Benih Anak Baung di Sungai Rokan

- Selasa, 21 September 2021 | 14:23 WIB
Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Wakil Bupati H Sulaiman, Selasa (21/9/2021) melakukan tabur benih bibit baung di sungai Rokan (Istimewa)
Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Wakil Bupati H Sulaiman, Selasa (21/9/2021) melakukan tabur benih bibit baung di sungai Rokan (Istimewa)



HALUANRIAU.CO ROKANHILIR - Guna menjaga dan melestarikan habitat ikan di wilayah perairan Sungai Rokan, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melakukan restocking dengan menebarkan ribuan benih bibit ikan baung.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Wakil Bupati H Sulaiman, Selasa (21/9/2021) melakukan tabur benih bibit baung di Sungai Rokan, tepatnya di Kepenghuluan Sintong Kecamatan Tanah Putih.

Acara itu disaksikan langsung oleh masyarakat dan nelayan setempat. Turut hadir camat tanah putih Suryadi, Kadis Perikanan M Amin, tokoh masyarakat, dan anggota DPRD Rohil Dapil III.

Kadis Perikanan M Amin dalam sambutannya mengatakan, restoking ini dilakukan sebagai upaya Pemkab Rohil dalam rangka meningkatkan populasi ikan yang ada di daerah Sungai Rokan karena banyak nelayan yang menggantung kan hidupnya di sungai ini.

Selain itu, Amin juga mengingatkan pada masyarakat Rohil untuk menjaga ekosistem ikan agar tidak menggunakan cara tangkap ilegal seperti sentrum dan racun ikan karena hal itu dapat mengganggu perkembangan biakan ikan.

Baca Juga: Sebut Anies Seorang Pembohong, Giring: Sebagai Bahan Pertimbangan Saat Pemilihan Nanti di 2024

"Kalau bisa saat dapat ikan yang sedang bertelur pun kita lepaskan saja kembali, supaya ikan menetas dan pupulasinya bertambah," sebut Amin.

Dijelaskan Amin, untuk membantu ekonomi para nelayan, Dinas Perikanan Rohil terus berupaya memberikan bantuan setiap tahun nya. Seperti bantuan sampan, jaring, bantuan bibit ikan, pakan ikan serta lainnya.

Bupati Rohil Afrizal Sintong mengungkapkan, kondisi ikan di sepanjang Sungai Rokan tidak seperti dulu lagi banyaknya. Masa ia kecil, saat pulang sekolah masih gampang mendapatkan berbagai jenis ikan seperti selais, udang, baung dan lainnya.

"Sekarang untuk cari lauk dirumah saja pun mulai susah. Ini banyak faktor penyebabnya, selain limbah, juga karena adanya sentrum dan racun ikan" kata Afrizal.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PWI Rohil Buat Rencanakan Bangun Gedung Kantor

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 16:23 WIB

Bentuk Koperasi, PWI Rohil Bergerak di Bidang Jasa

Kamis, 28 Oktober 2021 | 16:37 WIB
X