Berbasis Project di Industri dan Dunia Kerja, 410 Peserta Didik SMKN 1 Rengat Mulai Laksanakan PKL

- Senin, 20 September 2021 | 13:36 WIB
 (Foto: Istimewa)
(Foto: Istimewa)


HALUANRIAU.CO, RENGAT - Sebanyak 410 peserta didik SMKN 1 Rengat Rengat mulai Senin (20/9/2021) melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Tahun Pelajaran 2021-2022.

Tahun ini, PKL dilaksanakan berbasis project yang sudah disepakati bersama dengan industri dan dunia kerja.

Sebelumnya, Jumat (17/9/2021) sudah dilaksanakan acara pelepasan peserta PKL sekaligus penandatanganan perjanjian kerjasama antara SMKN 1 Rengat dengan sejumlah industri dan dunia kerja diantaranya, PT. Bank Syariah Indonesia, Bank Riau Kepri Kedai Rengat, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indragiri Hulu, Indragiri Mart, Nurmediatama Rengat, Batik Sehati Seberida dan Penjahit Iwa.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indragiri Hulu, Endang Mulyawan, Kepala Dinas Kominfo Inhu, Jawalter, Branch Manajer PT. Bank Syariah Indonesia Cabang Rengat, Hendri Sanada, Kepala Bank Riau Kepri Kedai Rengat, Aditia Jaya, Manajer Indragiri Mart Dida Supriadi, Manajer Nurmediatama Dody Sampurna serta pimpinan idustri dan dunia kerja yang telah menjadi mitra SMKN 1 Rengat.

Baca Juga: Kejari Pekanbaru Telaah Laporan Dugaan Rasuah Seorang Anggota DPRD Pekanbaru

“Dengan PKL berbasis project, hasilnya akan lebih terukur, karena project yang dilaksanakan sudah disepakati bersama Industri dan dunia kerja mengacu pada unit kompetensi di SMK serta Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) level dua,” ujar Ketua Panitia PKL SMKN 1 Rengat, Rahmadi, Senin (20/9/2021).

Selain berbasis project, setiap peserta didik diharapkan mampu mengusai alur kerja dan bisnis proses dari industri dan dunia kerja tempat mereka melaksanakan PKL. Dengan demikian, cara pikir peserta didik akan berorientasi pada industri dan kewirausahaan.

Ditambahkan Rahmadi, PKL akan dilaksanakan kurang lebih selama 3 bulan mulai tanggal 20 September hingga 3 Desember 2021, tersebar pada 93 industri dan dunia kerja di Provinsi Riau. Berkaitan dengan kondisi pandemi COVID-19, pelaksanaan PKL mengacu pada standar protokol kesehatan yang ketat sesuai ketentuan pemerintah dan tempat pelaksanaan PKL.  

“Jadi ada industri dan dunia kerja yang melaksanakan PKL secara blanded atau kombinasi luring dan daring sesuai dengan Permendikbud Nomor 50 Tahun 2020 tentang PKL. Dan seluruh peserta PKL sudah terdaftar sebagai peserta program BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Baca Juga: KNPI Kampar Minta Agar PT Padasa Penuhi Hak Eks Karyawan

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tren Covid-19 di Inhu Mulai Menghilang

Kamis, 30 September 2021 | 20:17 WIB
X