Tim Pakem Kejari Rohil Terus Awasi Kelompok Ahmadiyah

- Rabu, 15 September 2021 | 21:46 WIB
Rapat Koordinasi Tim Pakem Kabupaten Rokan Hilir. (haluanriau.co/Dodi Ferdian)
Rapat Koordinasi Tim Pakem Kabupaten Rokan Hilir. (haluanriau.co/Dodi Ferdian)

HALUANRIAU.CO, ROKAN HILIR - Kejaksaan Negeri Rokan Hilir (Rohil) terus memantau dan mengawasi aliran kepercayaan dan keagamaan yang ada di kabupaten tersebut, termasuk Kelompok Ahmadiyah.

Gerakan keagamaan tersebut diketahui telah menyebar di sejumlah daerah di Negeri Seribu Kubah itu. Hal ini menurutnya berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat.

Pada 2019 lalu, Korps Adhyaksa yang dikomandani Yuliarni Appy itu mendeteksi adanya kelompok Jemaat Ahmadiyah Zona Riau II yang berpusat di Kecamatan Tanjung Medan. Kelompok ini dikabarkan telah berdiri sejak 1980-an, dengan pimpinan atas nama Ilham yang diberi gelar Amir Ahmadiyah Zona Riau II.

Baca Juga: Kabar Duka Bagi Warga Decul, Gelandang serta Bek Kiri Fc Barcelona Pedri dan Jordi Alba Mengalami Cidera

"Saat itu, kelompok ini berencana akan membangun rumah ibadah dan fasilitas Ahmadiyah di Kecamatan Tanjung Medan. Namun pembangunan tersebut dihentikan karena mendapat penolakan dari warga. Jumlah pengikut Ahmadiyah Zona Riau II mencapai 45 KK yang tersebar di beberapa kecamatan di Rohil," ujar Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Hasbullah, Rabu (15/9/2021).

Teranyar, yakni pada awal September 2021 kemarin, pihaknya juga mendapat informasi soal rencana Ahmadiyah berniat mendirikan rumah ibadah di Kepenghuluan Teluk Piyai, Kecamatan Kubu. Lagi-lagi rencana itu urung terealisasi karena mendapat penolakan dari warga setempat.

Saat itu, pemerintah memfasilitasi terhadap permasalahan tersebut dengan mengundang kelompok Ahmadiyah untuk berdialog.

"Hasil pertemuan tersebut telah disepakati bahwa kelompok Ahmadiyah di sana tidak akan membangun fasilitas ibadah dan tidak akan menyebar luaskan ajaran Ahmadiyah," sebut Hasbullah.

Baca Juga: Novel Baswedan: Pemecatan 56 Pegawai KPK, Bukti Berantas Korupsi Itu Lawannya Banyak

Hal tersebut di atas, disampaikannya pada Rapat Koordinasi Tim Pakem Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2021. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari sejak Selasa (14/9/2021) kemarin.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Pakem Kejari Rohil Terus Awasi Kelompok Ahmadiyah

Rabu, 15 September 2021 | 21:46 WIB

Adakan Paripurna, DPRD Rohil Setujui RPJMD 2021-2026

Senin, 16 Agustus 2021 | 20:16 WIB
X