KOPDAGRIN Kuansing bentuk Kelompok Usaha Bersama, Kelompok Batik dan Asosiasi Pembatik Kuansing

- Selasa, 14 September 2021 | 20:49 WIB
Peserta KUB Batik Kuantan Singingi (Yendri/HRC)
Peserta KUB Batik Kuantan Singingi (Yendri/HRC)

HALUANRIAU.CO,KUANTAN SINGINGI-Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro Perdagangan dan Perindustrian (Kopdagrin) Kabupaten Kuantan Singingi bentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) Selasa (14/09).

Kelompok Usaha Bersama itu dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Kopdagrin Kuansing, dan sekaligus mendirikan Kelompok Batik dan Asosiasi Pembatik Kuantan Singingi.

Sebagaimana pembentukan Asosiasi Pembatik Kuantan Singingi ini secara langsung dipimpin oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Drs. Azhar MM C.PM yang dihadiri oleh  12 Perwakilan KUB batik se Kabupaten Kuantan Singingi.

Dalam hal itu, Sumaryati terpilih sebagai Ketua Asosiasi Pembatik Kuantan Singingi periode 2021 - 2024 dari KUB Batik Nagori Kecamatan Gunung Toar, dan Sekretaris Seprianto dari KUB Batik Tulis Pinang Becabang Kecamatan Kuantan Tengah,  sementara terpilih sebgai Bendahara Sesri Umami dari KUB Batik Tulis Lebah Kecamatan Singingi.

Baca Juga: Penasaran dengan Harta Kekayaan Gubernur Riau, Berikut Rinciannya

Kepala Dinas Kopdagrin Azhar yang didampingi Plt. Sekretaris Yuhefri dan Plt. Kabid Perindustrian Ramon Ramzi menjelaskan kepada Haluanriau.co yang menjadi tujuan dibentuknya Asosiasi Pembatik ini adalah untuk memberikan wadah kepada para pembatik baik dalam menyelesaikan permasalahan permasalahan intern untuk kemajuan usaha batik maupun permasalahan ekstern berkaitan dengan hak cipta, promosi, pemasaran, permodalan dan kerjasama.

"Dan semua Usaha batik memiliki khas dan hak cipta tersendiri, " Ujar Azhar.

Sementara itu, di kesempatan yang sama Ketua  terpilih, Surmayati yang akrab disapa Sura itu, ketika diminta tanggapannya menyampaikan terimakasih kepada KUB batik se Kuantan Singingi yang Telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin asosiasi Batik tersebut.

"semoga dengan adanya asosiasi ini akan semakin memberikan dampak positif untuk kemajuan batik kuantan singingi, sehingga produksi batik kuantan singingi bisa menembus pasar nasional  maupun Internasional, " Tutupnya

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Terkini

Hilang Kendali, Minibus Tabrak Kedai Harian di Desa Jake

Senin, 13 September 2021 | 10:23 WIB
X