Perkuat Keinginan Belajar Para Siswa, Tim Pengabdian Unri Mengajar di SDN 014 Pulau Binjai

- Selasa, 14 September 2021 | 09:30 WIB
Mahasiswa Kukerta Universitas Riau mengajar di salah satu SD di Kuantan Singingi
Mahasiswa Kukerta Universitas Riau mengajar di salah satu SD di Kuantan Singingi

HALUANRIAU.CO, TELUK KUANTAN - Di tengah pandemi Covid-19 Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) tetap dilaksanakan. Tim Kukerta yang berada di Pulau Binjai Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi merupakan kukerta yang dilaksanakan secara mandiri disalah satu kampung halaman mahasiswa tersebut.

Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. Pada masa pandemi Covid-19 kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan secara luring (luar jaringan) kini berubah menjadi daring (dalam jaringan). Tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan pembelajaran secara daring ternyata memunculkan beberapa persoalan bagi para siswa.

Salah satu program kerja yang dilakukan Tim Kukerta adalah datang ke sekolah yang berada di Pulau binjai yaitu SDN 014. Kegiatan ini berbentuk membantu guru dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) anak sekolah dasar yang dimana sekolah pada saat pandemi sekarang hanya memberikan tugas di sekolah dan dikerjakan di rumah.

Pada kegiatan ini mahasiswa Kukerta membantu menyampaikan materi pada peserta didik melalui permainan yang dilakukan di dalam kelas, dengan pengkondisian kelas yang sesuai dengan protokol kesehatan. Kegiatan mahasiswa ini mendapat sambutan baik dari guru dan siswa dilihat dari respon yang diberikan sangat aktif. Selain itu, guru juga mengapresiasi program yang diberikan oleh mahasiswa Kukerta Unri Desa Pulau Binjai.

Program tambahan yang dilakukan oleh mahasiswa Kukerta Unri adalah kegiatan mengajar untuk anak sekolah pendidikan dasar yang terdampak Covid-19.

Menurut Ketua Kelompok Kukerta Unri Pulau Binjai Sabda Fazriyansyah, program ini dilakukan karena masih banyaknya anak sekolah dasar yang belum bisa menerima materi pembelajaran secara maksimal yang dilaksanakan secara mandiri,

"Setelah diamati ternyata pembelajaran secara daring hanya diberi soal ataupun tugas tanpa ada penjelasan materi terlebih dulu, ucapnya.

Menurutnya, kegiatan belajar bersama dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis di posko kukerta Unri yang diikuti oleh siswa Sekolah Dasar yang tinggal di Desa Pulau Binjai. Kegiatan ini dimulai setelah dzuhur sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Walaupun kegiatan program KKN ini dilaksanakan secara luring tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan cara menggunakan masker. Dikarenakan program ini diikuti oleh semua tingkat SD mahasiswa kukerta memberikan materi yang umum sehingga semua anak bisa memahami materi tersebut.

Program kegiatan Kukerta ini disambut baik oleh orang tua siswa karena memberikan dampak positif bagi anak-anak mereka. Tak hanya disambut baik oleh para orang tua siswa, tetapi juga disambut baik oleh para siswa.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Tags

Terkini

Hilang Kendali, Minibus Tabrak Kedai Harian di Desa Jake

Senin, 13 September 2021 | 10:23 WIB
X