Pembobolan Rekening Nasabah di BJB Pekanbaru, Pengamat: Kalau Dibiarkan, Dampaknya akan Besar

- Senin, 13 September 2021 | 19:34 WIB
Pengamat Perbankan dan Ekonom Riau, Peri Akri. (haluanriau.co/Dodi Ferdian)
Pengamat Perbankan dan Ekonom Riau, Peri Akri. (haluanriau.co/Dodi Ferdian)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Dari segi ekonomi, kasus yang menimpa seorang nasabah Bank Jabar-Banten Cabang Pekanbaru BJB Pekanbaru sangat tidak baik ke depannya. Hal itu dikarenakan, dalam perekonomian terlebih dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, dibutuhkan motor penggerak seperti perbankan.

Hal itu diungkapkan Pengamat Perbankan dan Ekonom Riau, Peri Akri, Senin (13/9/2021). Menurut dia, apa yang terjadi di bank milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten itu sangat berbahaya, karena ini soal kepercayaan.

"Harusnya kasus ini tidak terjadi kalaulah saja ikuti SOP yang benar. Kasus ini terjadi karena oknum yang integritasnya tidak baik," ungkap Peri Akri.

Untuk itu, lanjut Peri, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harus bertindak keras. Hal itu demi menjaga kepercayaan publik terhadap dunia perbankan.

"Kalau dibiarkan, dampaknya akan besar. Perbankan ayo kembali ke rule," sebut dia.

Baca Juga: Tiang Jembatan Padamaran II Rusak Ditabrak Ponton, Pemprov Riau Bentuk Tim Investigasi

Dikatakan Peri, poin penting dalam menjalankan dunia perbankan, yakni konsep prudential banking, prinsip kehati-hatian. Di dalam dunia perbankan, banyak regulasi yang mengatur.

"Semestinya sulit melakukan hal-hal yang tidak prosedur. Kalaupun ada terjadi indikasi tindak pidana, bukan sistem yang tidak bagus, tapi ada user atau oknum yang bermain, karena sistem perbankan sangat ketat," beber dia.

Dalam dunia perbankan, kata Peri, segala sesuatu ada tingkatannya. Misalnya pada kredit atau pencairan ada levelnya. Ini saling terkait, tidak bisa sendiri.

"Misalnya, kasir bisa melampaui otoritas dia, tidak otoritas dia tapi dia lakukan, itu kita pertanyakan, sampai pada atasannya, sampai kepala cabangnya, karena ini saling terkait," sebut Peri.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dilaporkan Anggota Dewan, Sejumlah Warga Jadi Tersangka

Kamis, 16 September 2021 | 16:28 WIB

Infomasi Cuaca Pekabaru Hari Ini, BMKG: Cerah Berawan

Rabu, 15 September 2021 | 06:52 WIB

Informasi Cuaca Pekanbaru Hari Ini, BMKG: Berawan

Selasa, 14 September 2021 | 06:54 WIB
X