Optimalisasi Penanganan Karhutla, Minamas Plantation Latih Masyarakat Cegah Karhutla di Riau

- Jumat, 10 September 2021 | 14:46 WIB
Istimewa
Istimewa


HALUANRIAU.CO, INHIL - Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan peduli lingkungan khususnya bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Minamas Plantation melalui anak usahanya PT Bhumireksa Nusa Sejati (BNS) mengadakan pelatihan dan sosialisasi bahaya Karhutla bagi 150 masyarakat pesisir yang berprofesi sebagai nelayan di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan serta pembekalan akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sekitar termasuk bahaya Karhutla khususnya di area gambut.

Melalui program Masyarakat Pesisir Peduli Api (MPPA) ini, masyarakat tersebut diharapkan dapat membantu pemadaman apabila terjadi Karhutla di daerah sekitarnya, serta dapat menjalankan tata cara pelaporan ke Satuan Tugas (Satgas) jika Karhutla terjadi di sekitar lingkungan masing-masing.

CEO Minamas Plantation, Shamsuddin Muhammad mengatakan, "Kami berkomitmen dalam pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat karena kami menyadari bahwa masyarakat sekitar memegang peran penting dalam perlindungan lingkungan".

Baca Juga: Saipul Jamil Versus KPI, Hotman Paris Siap Bela Saipul, Netizenpun Dibuat Kecewa

Selain itu, Shamsudin menambahkan,  dengan melibatkan masyarakat dalam membantu mitigasi karhutla merupakan salah satu solusi internal di masyarakat untuk mengurangi dampak Karhutla, serta membiasakan masyarakat untuk tanggap dan sigap terhadap bahaya kebakaran di lingkungannya.

Sehingga, melalui pelatihan ini diharapkan kami bersama dengan masyarakat dan institusi lain di lapangan dapat mencegah serta menangani karhutla, kata Shamsudin.

Pada kesempatan yang sama, Kapolsek Pelangiran Iptu Andi Aceh, SH mengungkapkan bahwa dengan adanya pelatihan ini kami dapat mengajak lebih banyak lagi elemen masyarakat agar bersama-sama membangun kesadaran hukum masyarakat akan pentingnya hak dan kewajiban dalam mencegah Karhutla.

Mari kita bersama-sama dengan tokoh masyarakat dan para pelaku di lapangan kita bangun bersama orkestra menjaga alam untuk tidak terjadi karhutla, ajak Kapolsek Pelangiran tersebut.

Baca Juga: Menanggapi Keluhan Menu Makanan, Gubri Akan Cek Kondisi dan Persiapan Atlet PON Riau

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tetap #Cari_aman Agar Bisa Ikutan AHMBS 2022

Senin, 20 Juni 2022 | 17:14 WIB
X