Dianggap Tak Layak bagi Penumpang, Komisi 2 DPRD Meranti Tinjau Pelabuhan Satpolair

- Kamis, 9 September 2021 | 14:58 WIB
Komisi 2 DPRD Meranti sedang meninjau Satpolair. (haluanriau.co/Nurokhim)
Komisi 2 DPRD Meranti sedang meninjau Satpolair. (haluanriau.co/Nurokhim)

HALUANRIAU.CO, MERANTI - Komisi 2 DPRD Kepulauan Meranti bersama instansi terkait lainnya meninjau persiapan pelabuhan Satuan Polisi Perairan (Satpolair) di Jalan Tebingtinggi, Selatpanjang, Kamis (9/9/2021).

Ketua Komisi 2 DPRD, Muzamil Baharuddin dalam keterangannya mengatakan pemakaian pelabuhan Satpolair sebagai dermaga sandar dan turun naik penumpang kapal ferry dari Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang tidak memadai dan tidak layak untuk penumpang.

"Pelabuhan ini tidak memadai dan tidak mungkin digunakan untuk orang karena kondisinya lapuk, kalau tidak ada masalah ya tidak apa-apa, jika sudah ada masalah nanti susah," kata Muzamil.

"Kalau untuk barang ini bisa digunakan, kalau orang kami tak rekomendasikan. Ini menyangkut nyawa dan keselamatan, sehingga pertanggungjawaban bisa sama-sama, sehingga jika ada korban nanti kita tidak sibuk mencari kambing hitam," ujar Muzamil lagi.

Muzammil mengatakan pihaknya merekomendasikan pemindahan pelabuhan sebagai dermaga sandar sementara untuk kapal Ferry dialihkan ke Pelabuhan Roro di Desa Insit, Kecamatan Tebingtinggi Barat.

"Kalau masih bisa diupayakan di sana, ya di sana saja, karena pelabuhannya sangat representatif," tutur Muzamil.

Baca Juga: Beri Pembekalan 75 Mahasiswa Tazkia Bogor, Gubri: Perhatikan Akhlak Jadilah Penghapal Alquran dan Ulama

Adapun pertimbangan lainnya, kata Muzamil adalah untuk menghadapi arus penumpang jelang tahun baru dan perayaan Imlek.

"Biasanya ketika tahun baru dan Imlek, arus penumpang sangat padat. Nah untuk mengantisipasi hal itu perlu dilakukan antisipasi untuk menghadapi hal itu jika kondisi sudah normal," katanya.

Muzamil mendapatkan penjelasan dari pihak Dinas Perhubungan terhadap kondisi pelabuhan Roro saat ini. Di mana jika tidak ada KMP Berembang bersandar di pelabuhan tersebut, maka tidak memungkinkan untuk kapal Ferry merapat untuk turun naik penumpang.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Sahkan Perda RPJMD Kepulauan Meranti 2021-2026

Jumat, 13 Agustus 2021 | 15:49 WIB

IDI Meranti Gelar Vaksinasi Masal di RSUD Meranti

Kamis, 12 Agustus 2021 | 12:15 WIB
X