Kawasan Biosfer Siak Kecil Kembali Dirambah, KPH Bengkalis Pulau Amankan 5 Kubik Kayu Ilegal Loging

- Rabu, 8 September 2021 | 19:44 WIB
Barang bukti ilegal loging yang didapat di Desa Linau Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis (hrc)
Barang bukti ilegal loging yang didapat di Desa Linau Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis (hrc)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kawasan Biosfer Siak Kecil Kembali Dirambah, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bengkalis Pulau Amankan 5 Kubik Kayu Ilegal Loging Kawasan ini juga sering menjadi sasaran pembakaran hutan untuk pembukaan lahan sawit.

Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bengkalis Pulau, Rabu (8/9/2021) sekira pukul 15.00 WIB berhasil mengamankan sedikitnya 5 (lima) kubik kayu ilegal loging di Desa Linau Kecamatan Siak Kecil.

Sayang pelaku ilegal loging berhasil melarikan diri saat petugas datang.

Hutan di kawasan Siak Kecil termasuk Desa Linau sudah menjadi hutan desa sesuai Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 4281/MENLHK-PSKL/PKPS/PSL.0/7/2020, 07 JULI 2020 tentang Hutan Desa Sungai Liinau Kecamatan Siak Kecil dengan luasan 5,897 Hektar.

Masyarakat Sungai Linau tidak ingin nama Desanya buruk karena kejadian ini, tidak ingin seperti penangkapan di lokasi Cagar Biosfer Giam Siak Kecil yg merupakan hasil nyata dan kinerja baik Polda Riau, Gakkum dan Dinas LHK Provinsi Riau, ungkap Ketua LPHD Desa Sungai Linau, Juono S.

Dikatakannya, Kepala Desa sangat mendukung penuntasan Ilegal Logging di Desa karena pelaku berasal dari luar Desa dan membuat rusak nama Desa Sungai Linau, Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis.

Ditambahkannya, masyarakat atas nama Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Sungai Linau meminta dukungan dari Polda, Gakkum, dan Kepala Dinas LHK Provinsi Riau untuk membantu dan menguatkan mereka dalam menjaga Hutan Desa yang sudah terbit izin Perhutanan Sosial Sejak Juli 2020 seluas 5.897 ha.

Sementara itu KKPH Bengkalis Pulau, Agus Rianto memebenarkan adanya penangkapan ilegal loging tersebut.

"Sementara ini petugas di lapangan masih menghitung jumlah pasti kayu yang berhasil diamankan. Namun karena sudah mulai gelap, maka akan dilanjutkan Besok (Kamis, 9/9/2021) termasuk untuk melakukan pengembangan, ucap Agus.

Agus juga membenarkan bahw ahutan tersebut adalah hutan desa yang merupakan hutan sosial dan telah sahkan oleh Kementrian lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: Eka Buana Putra

Tags

Terkini

Tiga Hektar Lahan Warga di Bengkalis Terbakar

Selasa, 9 Februari 2021 | 16:01 WIB
X