Harimau Sumatera Kian Resah di Teritorialnya hingga Terkam Warga

- Selasa, 7 September 2021 | 16:19 WIB
Petugas BBKSDA Riau saat memasang perangkap. (tvone)
Petugas BBKSDA Riau saat memasang perangkap. (tvone)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Diketahui kemunculan Harimau Sumatera di areal perumahan pekerja sawit di Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak sudah dua bulan terakhir. Puncaknya, beberapa hari lalu saat seorang remaja diduga diterkam harimau hingga kepala dan kemaluannya hilang.

Warga cukup resah dengan keberadaan harimau tersebut karena diduga hewan buas itu masih berkeliaran di sekitar Desa Teluk Lanus. Namun, Harimau Sumatera itu pun juga resah atas keberadaan manusia di teritorialnya.

Sementara Plh Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Hartono mengatakan telah memasang perangkap dua box trap berisi umpan kambing.

Baca Juga: Tinggal Tengkorak Tanpa Daging, Bagian Kepala Remaja Diduga Diterkam Harimau Ditemukan

Ia menjelaskan, petugas juga memasang tiga kamera trap di dekat tanda-tanda kemunculan harimau. Guna pemasangan kamera trap agar bisa menangkap pergerakan harimau.

"Untuk update terkait penanganan konflik harimau yang ada di Teluk Lanus, sampai saat ini tim balai besar dengan tim lain masih berada di lokasi untuk memantau terkait keberadaan harimau," kata Hartono, Senin (7/9/2021).

"Harapannya dengan adanya kegiatan kawan-kawan di lapangan terhadap harimau yang ada itu untuk segera bisa kami evakuasi," ungkap Hartono.

Jika harimau berhasil terperangkap di salah satu box trap, petugas akan langsung mengevakuasi harimau menjauh dari permukiman warga.

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: TV One

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Desak Pemprov Riau Bangun Sekolah Baru

Selasa, 5 Juli 2022 | 16:28 WIB
X