JPU Lakukan Kasasi setelah Hakim Vonis Lepas Terdakwa Penipuan Jual Beli Tanah Rp1,1 M

- Senin, 6 September 2021 | 19:07 WIB
PN Pekanbaru. (Istimewa)
PN Pekanbaru. (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pengadilan Negeri Pekanbaru menjatuhkan vonis lepas terhadap terdakwa dugaan penipuan dan penggelapan jual beli tanah sebesar Rp1,1 miliar. Atas vonis tersebut, Jaksa Penuntut Umum langsung menyatakan kasasi.

Vonis tersebut dibacakan majelis hakim yang diketuai Mahyuddin, Senin (6/9/2021). Dalam amar putusannya, hakim menyatakan jika terdakwa terbukti bersalah melanggar hukum, namun perbuatannya bukan tindak pidana.

"Iya. Putusannya onslag (vonis lepas,red). Tadi (kemarin,red) pembacaan vonisnya," ujar Jaksa Julia Rizki Sari, Senin siang.

Putusan ini bertolak belakang dengan tuntutan JPU yang menginginkan terdakwa dihukum 3 tahun penjara. Menurut Jaksa, perbuatan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 378 KUHP sebagaimana tertuang dalam dakwaan kedua.

"Tuntutan kita 3 tahun. Pasal 378 KUHP," lanjut Jaksa yang akrab disapa Ike itu.

Menanggapi putusan itu, saat persidangan tersebut, JPU menyatakan pikir-pikir. Kendati begitu, Ike mamastikan pihaknya akan mengajukan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung (MA) RI.

"Kita kasasi, karena vonisnya lepas," pungkas Jaksa Ike.

Baca Juga: Dampak Kerusuhan Kualifikasi Piala Dunia Brazil vs Argentina, Asosiasi Sepakbola Argentina: 3 Point Untuk Kami

Sementara itu dalam dakwaan Jaksa disebutkan jika perbuatan terdakwa bermula pada kurun waktu September 2012 lalu.

Saat itu, terdakwa datang ke rumah saksi korban Elly Mesra dan menawarkan tanah milik terdakwa seluas lebih kurang 1,2 hektare di Jalan Budi Luhur Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Lalu, terdakwa mengatakan tanah tersebut bagus dan letak lokasinya menguntungkan karena akan dibangun Kota Wisata seperti di Cibubur, serta tanah tersebut tidak ada masalah.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1.305 Pelanggaran Dalam Sepekan Ops Zebra Lancang Kuning

Selasa, 23 November 2021 | 17:27 WIB

Peringati Satu Dasawarsa, OJK Mengabdi Untuk Negeri

Senin, 22 November 2021 | 23:37 WIB
X