Peringati Hari Bakti Rimbawan ke-40, KPH Mandau Adakan Gerakan Penanaman Pohon Serentak di Desa Binaan

- Kamis, 16 Maret 2023 | 13:50 WIB
Kepala KPH Mandau bersama masyarakat Kampung Tualang melakukan penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan (Sugianto/HRC)
Kepala KPH Mandau bersama masyarakat Kampung Tualang melakukan penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan (Sugianto/HRC)

HALUANRIAU.CO, SIAK - Dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-40 Tahun 2023, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau melalui KPH Mandau melakukan gerakan penanaman pohon serentak bersama masyarakat Kampung Binaan yaitu Kampung Tualang, Kecamatan Tualang, Kamis (16/03/2023).

Kegiatan penanaman pohon serentak yang dilakukan di Kampung Tualang di ikuti oleh Penghulu Kampung, Bapekam, LPM, Pemuda dan Pemudi serta masyarakat Kampung dengan antusias.

Hal ini disampaikan Kepala DLHK Provinsi Riau, Murod melalui Kepala UPT KPH Mandau, H.Zailani kepada haluanriau.co. Ia juga menjelaskan bahwa, untuk memperingati Hari Bakti Rimbawan, pihaknya selalu mengajak masyarakat untuk giat melakukan penanaman pohon agar lingkungan selalu hijau dan indah.

"Hari Bakti Rimbawan ke 40 tahun 2023 di peringati dengan Tema 'Hijaukan Bumi Birukan Langit'. Pada peringatan ke- 40 Tahun ini, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan meriliskan tema tersebut mas. Untuk itu, kami mengajak masyarakat Kampung binaan kususnya Kampung Tualang yang selama ini menjadi mitra kami dalam penanaman pohon untuk menjaga kampung agar tetap hijau dan tetap lestari," ungkapnya.

Mengutip laman Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Provinsi Riau, Hari Bakti Rimbawan ini berawal dari di gabungnya Departemen Pertanian dan Departemen Kehutanan, sehingga ahirnya pada tanggal 16 Maret 1963 Departemen Kehutanan berdiri sendiri.

"Hari Bakti Rimbawan dijadikan sebagai tonggak konsolidasi para rimbawan di seluruh Indonesia untuk kembali menguatkan komitmen, kesadaran dalam berkarya dan membangun hutan dan kehutanan Indonesia. Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan tetap ASRI dan semoga masyarakat sejahtera, hutan tetap lestari," ungkapnya.

Sementara itu, Penghulu Kampung Tualang, Juprianto mengucapkan syukur Alhamdulillah dengan adanya kerjasama KPH Mandau untuk menjadikan Kampung Tualang menjadi Kampung Binaannya.

"Alhadulillah, tentunya kami tetap bersyukur bahwasanya Kampung Tualang itu dijadikan Kampung Binaan KPH Mandau dari program penanaman pohon dalam rangka Hari Bakti Rimbawan Nasional. Sebelum ada kegiatan ini juga, kita sudah bekerjasama melakukan penanaman pohon bersama KPH Mandau, dan Alhamdulillah sudah beberapa kali, dan itu sangat membantu kita dalam rangka menjaga ekosistem, menghijaukan Tualang, dan banyak jenis tanaman yang sudah ditanam dari mulai tanaman kayu sampai ke tanaman buah-buahan," ungkap Juprianto yang juga sebagai Ketua APDESI Kabupaten Siak itu dengan penuh semangat.

"Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada bapak kepala KPH Mandau DLHK Provinsi Riau, dan kami tetap berharap terus untuk dijadikan mitra oleh KPH Mandau untuk program-program terbaik untuk masyarakat yang ada di wilayah kita," pungkasnya.

(Sugianto)

Baca Juga: Wakili Danramil 05/RM Babinsa Hadiri Pertemuan Lokmin Lintas Sektoral Triwulan I Puskesmas Bangko Jaya

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Siak Studi Tiru Sanitary Landfill ke Jepara

Selasa, 14 Maret 2023 | 13:09 WIB
X